oleh

MHB-GAS Ungkap Mahalnya Harga Bahan Pokok di Kota Ternate

TERNATE,MSC-Mahalnya harga kebutuhan Sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Ternate disebabkan sekitar 80 persen kebutuhan bahan pokok masih didatangkan dari luar daerah, seperti Manado, Makassar dan Surabaya.

“Pantas kalau harga bahan pokok kita masih mahal karena sebagian besar berasal dari kuar daerah,”kata calon Walikota Ternate Muhammad Hasan Bay saat silaturahmi sekaligus membentuk posko pemenangan Sangaji Malamo di kelurahan Sangaji Ternate Tengah, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, salah satu yang menjadi kendala yaitu mahalnya biaya transportasi dari wilayah Ternate, sehingga ikut mempengaruhi harga bahan pokok yang didatangkan dari luar Ternate.

Persoalan ini, katanya, telah menjadi agenda dirinya dengan Asghar Saleh salah satu program ekonomi masyarakat. “Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat, mahalnya harga bahan pokok sangat berengaruh untuk ekonomi keluarga,”kata MHB.

Sementara itu calon Wakil Walkota Ternate Asghar Saleh menuturkan, mahalnya harga kebutuhan pokok biasanya paling dirasakan oleh kalangan ibu rumah tangga. “Kalau ibu-ibu ke Pasar bawah uang Rp100.000 beli kebutuhan pokok tidak sampai untuk makan setiap hari,”kata Asghar Saleh.

Menurutnya, Ternate sebagaian besar kota pantai dan masyarakat yang berada di pesisir adalah nelayan dan petani. Tetapi yang terjadi saat ini sebagai daerah penghasil ikan dengan jumlah masyarakat nelayan yang banyak, tetapi harga ikan masih sangat mahal.

Menurut Asghar Saleh, pemerintah hanya memberikan bantuan perahu begtu juga dengan bantuan bibit, tetapi tidak menyiapkan pasar sehingga stok ikan maupun hasil pertanian masyarakat tak mampu dipasarkan.

“Ke depan jika kami dipercayakan, Insya Allah kami akan menutuskan beberpa persoalan di kota Ternate satu demi satu termasuk harga kebutuhan pokok,”kata mantan Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate.

Asghar Saleh juga menyampaikan, untuk tahun pertama walikota dan wakil walikota, dirinya bersama MHB akan menyiapkan sejumlah regulasi untuk tiga prioritas program mereka. Program tersebut, pendidikan terutama peningkatan kualitas SDM, Kesehatan masyarakat, serta pembangunan infrastruktur yang menopang pergerakan ekonomi kota Ternate. (adv)

Bagikan

Komentar

News Feed