oleh

Anton Piga : PGIW Maluku Utara Tak Memberikan Dukungan Cakada

MABA,MSC-Sikap Persekutuan Gereja-Gereja Idonesia Wilayah (PGIW) Provinsi Maluku Utara (Malut) tidak memberikan dukungan kepada siapapun kandidat yang bertarung di Pilkada 2020 termasuk di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

Demikian ungkapan Ketua Umum PGIW Maluku Utara, Pdt. Anton Piga membatah pernyataan Sekretaris PGIW Pdt. John Tasane, S.Si, M.Th yang atas nama lembaga  memberikan Dukungan pada  salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Halmahera Timur 9 Desember 2020.

Menurut Anton Piga, secara kelembagaan, PGIW Malut tidak pernah membicarakan atau pun memberikan rekomendasi dukungan atas nama lembaga kepada salah satu Paslon tertentu dalam Pilkada baik di Haltim maupun kepada semua Paslon dalam ajang Pilkada serentak di Maluku Utara.

“Saya tegaskan secara kelembagaan PGIW tidak memberikan dukungan ke Paslon pada Pilkada serentak di Malut, secara khusus tidak memberi dukungan ke Paslon Hi Tono-Noverius”,sebut Anton Piga melalui Pres Rilis pada Minggu, (11/10/2020).

Dengan demikian, lanjut Anton, semua warga Gereja jangan mudah terpancing dengan isu melalui pemberitaan bahwa PGIW Malut telah mendukung Paslon TIVA di Halmahera Timur, Sebab hal itu tidak benar dan melakukan pencatutan nama secara kelembagaan.

Terkait dengan persoalan itu, mantan Ketua Sinode Maluku Utara itu mengaku bakal memanggil dan melakukan evaluasi terhadap oknum Sekum PGIW yang telah mengatasnamakan dukungan terhadap Paslon TIVA.

“Secara khusus untuk oknum yang telah mencatutkan nama lembaga, akan dilakukan evaluasi kelembagaan, sesuai dengan mekanisme organisasi. Dari hasil evaluasi juga akan ditindak lanjuti secara administratif PGIW Malut, jika pencatutan ini dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi,” tegasnya.

On Sapaan Anton Piga berharap PGWI seharusnya mengawal Pilkada agar dapat berjalan dengan baik, aman, damai dan kondusif serta menjaga kerukunan antar umat bergama.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed