oleh

Hadirkan Inkubator Industri Kreatif, MHB-GAS Rancang Pusat Kreatif Ternate

TERNATE,MSC-Dunia industri kreatif di Kota Ternate mulai berkembang. Hal ini ditandai dengan berdirinya berbagai komunitas dari latar belakang yang berbeda. Mereka telah melakukan ragam kegiatan dengan memanfaatkan ruang-ruang publik di Ternate. Sebut saja misalnya di Banteng Orange, Taman Nukila, Land Mark, Lapangan Salero, dan di beberapa obyek wisata di Kota Ternate.

Kehadirian para komunitas dengan ragam kegiatan yang ikut menyediakan berbagai lapangan pekerjaan. Kemudian turut mengisi pembangunan Kota Ternate, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius.

Merespon peluang ini, pasangan nomor urut 3, Calon Walikota dan Wakil Walikota M. Hasan Bay dan Moh. Asghar Saleh akan mendirikan Ternate Creative Hub (Pusat Kreatif Ternate) sebagai wujud kongkrit perhatian kepada para komunitas untuk bersama-sama membangun ekosistem industri kreatif di Kota Ternate.

Hasan Bay menjelaskan, Pusat Kreatif Ternate adalah sebuah ide besar untuk menggerakkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Kota Ternate. Dengan penyediaan berbagai fasilitas kepada pelaku ekonomi kreatif yang terdapat dalam wadah Pusat Kreatif Ternate.

“Ternate Creative Hub akan menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif yang rata-rata dimotori oleh anak-anak muda Kota Ternate. Melalui inkubator industri kreatif ini, mereka akan bertemu untuk bertukar pikiran, berdiskusi, menampilkan konsep dan gagasan, serta karya-karyanya dalam berbagai bidang untuk membangung sebuah ekosistem ekonomi kreatif di masa yang akan datang,” tutur Hasan Bay.

Lanjut Hasan Bay menjelaskan, Pusat Kreatif Ternate akan menyediakan berbagai pagelaran, iven, kolaborasi, promosi, dan sarana prasarana pendukung dalam mengembangkan karya-karya dan mewujudkan ide cemerlang anak-anak muda Kota Ternate.

“Pusat Kreatif Ternate tidak hanya sebagai sebuah bangunan yang menjadi ruang ekspresi kaum muda Kota Ternate, tapi akan menjadi sarana anak muda Ternate untuk mewujudkan mimpinya,” harap Hasan Bay.

Sementara itu, Moh. Asghar Saleh mengungkapkan, tujuan pendirian Pusat Kreatif Ternate memfasilitasi kegiatan anak-anak muda Ternate terutama di bidang kreatif untuk mewujudkan hasil karya mereka. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan-kegiatan kreatif di Kota Ternate. Sebagai media kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri kreatif serta sesama pelaku industri kreatif untuk membangung ekosistem ekonomi kreatif di Kota ternate.

“Fokus Kegiatan di Pusat Kreatif Ternate meliputi pelatihan ekonomi kreatif, tarian dan musik, fotografi dan fashion, Animasi dan games, Co-Working Space (ruang kerja), Pameran karya seni, budaya, dan sastra, Film, Literasi, dan  Workshop.” Jelas Asghar Saleh. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed