oleh

MHB GAS Siapkan Bus Untuk Transportasi Pertanian

TERNATE,MSC-Salah satu problem dalam mata rantai produksi sektor pertanian adalah tingginya biaya transportasi hasil pertanian dari lokasi panen menuju pasar. Hal ini cukup membebani para petani. Tak pelak para petani terpaksa mengeluarkan biaya ekstra. Kondisi ini sejalan dengan berbagai aspirasi para petani di Kecamatan Ternate Pulau dan Ternate Barat.

Untuk menekan biaya transportasi, pasangan nomor urut 3, Calon Walikota dan Wakil Walikota M. Hasan Bay dan Moh. Asghar Saleh akan menyediakan armada bus khusus bagi petani dan pedagang yang tinggal di dua wilayah tersebut.

“Kami akan siapkan bus yang khusus mengangkut hasil pertanian warga. Bus ini juga bisa digunakan oleh pedagang yang tinggal di dua wilayah tersebut. Karena ada juga warga yang menjual langsung hasil kebunnya. Jadi bus ini bisa digunakan oleh petani dan pedagang,” tutur Hasan Bay, di saat melakukan safari kampanye di Kecamatan Ternate Barat, Minggu (11/10).

Dia menjelaskan, kehadiran bus ini diharapkan dapat menurunkan ongkos transportasi para petani. Tidak hanya itu, bus petani akan memberikan kepastian moda transportasi bagi para petani dan pedagang yang berdomisili di Kecamatan Ternate Pulau dan Ternate Barat. “Ini niat kami untuk  memberikan pelayanan kepada warga yang berprofesi sebagai pedagang dan petani,” ujar Hasan Bay.

Moh. Asghar Saleh menambahkan, untuk rencana jalur bus pertanian akan di bagi menjadi dua. Jalur pertama dari Kecamatan Ternate Pulau menuju ke Pasar Bahari Berkesan. Namun mampir dahulu di Pasar Bastiong  serta Kotabaru. Jalur kedua berangkat dari Kecamatan Ternate Barat menuju ke Pasar Bahari Berkesan dan singgah di Pasar Dufa-Dufa.

“Jadi akan ada jadwal tetap setiap hari yang akan disosialisasikan ke petani dan pedagang.  Waktu keberangkatan dimulai pagi hari dan waktu pulang sore hari. Sehingga bus ini membantu mereka pulang ke rumah masing-masing usai berdagang.” Tutur Asghar Saleh. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed