oleh

MHB-GAS Desain Program “GEMARI IBUKU’

TERNATE,MSC-Peningkatan kualitas hidup kaum perempuan khususnya ibu-ibu rumah tangga sangat penting. Isu ini menjadi perhatian serius pasangan nomor urut 3, Calon Walikota dan Wakil Walikota M. Hasan Bay dan Moh. Asgar Saleh. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Hasan Bay (MHB) ketika berdialog dengan ibu-ibu di beberapa lokasi kampanye di Kota Ternate.

Menurut dia, peran ibu dalam keluarga sangat penting. Ibu memiliki posisi strategis dalam membangun keluarga dan mendidik anak-anak sebelum beranjak dewasa dan memasuki fase duduk di bangku sekolah.

“Ibu kita adalah guru pertama dan selamanya. Dialah sosok dan teladan serta menjadi guru di sekolah pertama kita yaitu keluarga. Jadi perhatian ke ibu-ibu itu harus mendapatkan porsi yang lebih besar dari pemerintah,” tutur MHB, sapaan akrabnya.

MHB, melanjutkan, jika dia terpilih menjadi Walikota Ternate, maka program peningkatan kualitas hidup ibu-ibu dan kaum perempuan akan masuk dalam program prioritasnya. 

“Kita akan desain satu program khusus yang terintegrasi dari berbagai SKPD untuk melaksanakan program bidang perempuan ini. Kami sebut sebagai Gerakan Maju Bersama Ibu-ibu Kelurahan (GEMARI IBUKU). Program ini akan menyasar para ibu-ibu di setiap kelurahan sebagai wadah tukar pikiran dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan,” jelasnya figur yang akrab dengan masyarakat ini.

Moh. Asghar Saleh menambahkan, melalui program ini akan bersinergi dengan beberapa program lainnya seperti Balai Kerja Rakyat.

Sehingga bagi Ibu-ibu yang memiliki usaha di rumah akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan serta akses modal untuk mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu, akan ada pelatihan pengelolaan keuangan keluarga, pelatihan tentang pemenuhan gizi makanan dalam rumah tangga, dan pelatihan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

“Kita juga pastikan para ibu-ibu mendapatkan ruang dalam perencanaan pembangunan, sehingga program pembangunan yang berkaitan dengan perempuan sesuai dengan aspirasi mereka.” tegas Asghar. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed