oleh

Dengan Pentahelix, MHB-GAS Rangkul Kampus Untuk Berdayakan Masyarakat

TERNATE,MSC-Keterlibatan perguruan tinggi dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah sangat penting. Terutama berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Karena di kampus terdapat berbagai konsep dan instrumen yang dapat diaplikasikan pada masyarakat.

Hal inilah yang membuat pasangan nomor urut 3, Calon Walikota dan Wakil Walikota M. Hasan Bay dan Moh. Asghar Saleh akan melibatkan kampus dalam membangung Kota Ternate dengan pendekatan Pentahelix.

“Kami ingin semua elemen ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, salah satunya kampus. Karena di kampus banyak konsep, metode, dan contoh-contoh instrumen dalam menyelesaikan sebuah masalah. Jadi melalui Tri Darma Perguruan Tinggi, kampus dapat terlibat membangung Kota Ternate,” turur Hasan Bay di Ternate, Sabtu (24/2020).

Dia mengatakan, dalam pembangunan daerah dengan pendekatan konsep Pentahelix di dalamnya terdapat unsur akademisi. Para akademisi yang berada di kampus akan dilibatkan untuk memberdayakan masyarakat sehingga dapat keluar dari permasalahannya yang dihadapi.

“Misalnya, pemerintah bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk memberdayakan masyarakat di sekitar kampus. Seperti pemberdayaan kelompok rentan, pelaku UMKM, Ibu-Ibu, dan lain-lain. Kemudian untuk pendidikan baca tulis Al-Quran di kalangan anak-anak, maka pemerintah dapat bekerjasama dengan IAIN,” jelasnya. 

Terpisah, Moh. Asghar Saleh menambahkan, konsep Pentahelix memiliki lima unsur yaitu pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media. Pasangan ini menginginkan kebersamaan lima unsur ini dalam pembangunan Kota Ternate.

“Khusus untuk perguruan tinggi akan dilibatkan untuk pemberdayaan. Sehingga para pelaku profesional, peneliti, atau dosen akan juga dilibatkan dalam setiap kebijakan pembangunan Ternate. Tidak bisa sendiri, harus bersama-sama. Itulah kenapa kita punya tagline Bersama Lebih Baik,” pungkas Asghar. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed