oleh

Ketua Bawaslu Ingatkan Tiga Aspek Penting Perlu Diawasi Saat Pungut Hitung

TERNATE,MSC-Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin menegaskan, tiga aspek penting yang perlu diawasi saat pemungutan dan perhitungan suara (pungut hitung) pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti.

“Tiga aspek tersebut yakni,  pra pungut menyangkut kesiapan pembentukan TPS, pungut dan pasca pungut,”kata Muksin Amrin saat rapat koordinasi (rakor) Persiapan Pengawasan  Pemungutan dan Penghitungan Suara, Senin (30/11/2020) di Sarfina Hotel, Kelurahan Stadion.

Muksin menjelaskan untuk pra pungut dimana pembuatan TPS harus memperhatikan protokol kesehatan. Untuk itu Muksin berharap Bawaslu Kabupaten/kota agar menyampaikan surat resmi kepada KPU untuk melakukan pembentukan TPS di sekolah minimal 2 TPS sehingga tidak terjadi kerumunan massa serta meningatkan untuk logistik pemilu H-3  sudah berada di lokasi masing-masing.

Untuk pungut hitung dimulai pukul 07.00 waktu setempat, sehingga Muksin Amrin memastikan agar jajaran pengawas di lapangan memastikan TPS dibuka pada jam tersebut.

“Saya berharap pengawas TPS sebelum jam 7 sudah di TPS  agar bisa memastikan TPS dibuka pukul 07.00. Dan pasca pengitungan Bawaslu melakukan pengawasan pergerakan hasil pemilihan untuk memastikan seluruh perangkat mendapatkan salinan formulir C hasil baik itu pengawas pemilu maupun saksi pasangan Calon,”pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed