oleh

Enam Anggota DPD RI Hadiri Diskusi Buku Karya Asghar Saleh

MALUTSATU,Ternate-Enam anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia menghadiri Loaunching dan diskusi buku MOMOLE: Titik Nol Peradaban dan HUMANS of NORTH MOLUCCAS dengan penulis Asghar Saleh.

Enam orang senator itu diantaranta, Prof Sylviana Murni, S.H., M. Si (Wakil Ketua I Komite I), Husain Alting Sjah, S.E., M.M, H. Ahmad Kanedi, S. H,. M. H, H. Muhammad Syukur, S. H., M. H, Evi Apita Maya, S. H., MKn dan Hj. Andi Nirwana S, S. P., M. M.

Tak ketinggal di momentum bulan ramadhan, puluhan anak yatim dari beberapa panti asuhan di kota Ternate juga dihadirkan dalam acara Launching Buku yang kemas dalam Satu Hati Dua Buku, serta buka puasa bersama.

Sultan Tidore H. Husain Alting Sjah didaulat untuk pengatar pembukaan. Jou Tidore menurutkan Maluku Utara harus bangga mempunyai sosok Asghar Saleh dengan sejumlah tulisannya.

Buku Humans of North Moluccas, Inspirasi dari negeri rempah menurut Sultan Husain Alting Sjah, Asghar mewariskan jejak banyak daerah tokoh baik jaman dauhulu maupun sekarang yang telah berjasa untuk daerah ini.

Para tokoh yang ditulis Asghar Saleh kata Sultan Husain, dari sejumlah tokoh yang ditulis itu beberapa diantaranya sudah diketahui tetapi gaya menulis yang hidup dan mengalir kita makin dekat, dan memahami apa yang mereka perjuangkan.

Pada kesempatan itu menampilkan pembeda dalam dialog Ketua Prodi Pertanian Universitas Bosowa Makassar, DR Faidah Azuz.

“Dalam buku yang ditulis Asghar Saleh dimana Momole tokoh perempuan di Maluku Utara mengajarkan kepada kita tentang sebuah peradaban,”ungkap DR Faidah Azuz. Selain itu sejumlah tokoh daerah jaman dahulu dan kini ditampilkan dalam buku karya Asghar Saleh.

Dibutuhkan energi yang luar biasa, konsistensi tinggi, serta semangat yang tak lekang oleh waktu mulai dari menulis hingga merampungkannya dalam satu perhelatan launching.

“Menyelesaikan dua buku dan me-launching-nya dalam waktu bersamaan bukan hal mudah,”katanya.

Sedangkan Prof Sylviana Murni wakil ketua I Komite I DPD RI menyampaikan, sosok Momole dalam buku yang ditulis Asghar Saleh adalalah seorang Ibu Bangsa yang rela melepaskan kekuasaannya kepada soerang lelaki. Jika dibandingkan saat ini banyak dikejar semua orang.

Sedangkan buku Humans of North Moluccas, Inspirasi dari negeri rempah yang menampilkan tokoh masa lalu dan masa kini, Prof Sylviana menyoroti pandaianya penulis membuat cover buku dibuat oleh seorang perempuan asal Ternate yang telah mendunia hasil karyanya yang mengambil dari akar budaya Ternate. (red)

Bagikan

Komentar