oleh

Atasi Krisis Air Bersih, MHB-GAS Akan Buat Sumur Resapan

TERNATE,MSC-Permasalahan Air bersih di kota Ternate mendapat perhatian serius dari pasangan calon walikota dan wakil walikota nomor urut tiga, yakni Muhammad Hasan Bay dan Asghar Saleh atau disingkat MHB-GAS. Keduanya hendak menawarkan sumur Resapan sebagai solusi mengatasi persoalan Air bersih, termasuk dengan mengatasi Banjir. Mereka menjelaskan kalau solusi yang mereka tawarkan ini sangat rasional dengan kondisi keuangan daerah.

“Persoalan Air ini harus diperhatikan. Karena ini menyangkut kelangsungan hidup Manusia dan Alam, terutama di kota Ternate. Untuk mengatasi persoalan ini kami pasangan MHB-GAS menawarkan Sumur Resapan sebagai solusinya. Ini penting dibangun agar dapat terserap dengan baik. Jadi sumur resapan ini bukan cuman bertujuan mengatasi soal ketersediaan Air semata, namun juga bisa mengatasi masalah banjir,” tutur Muhammad Hasan Bay calon walikota Ternate kepada wartawan, pada Rabu (04/11/2020)

Lebih lanjut Hasan Bay menerangkan masalah Air dengan mengutip beberapa hasil penelitian. Menurutnya, secara global, terdapat 10 juta orang di dunia telah mengalami kesulitan mendapatkan Air bersih. Pada tahun 2050, tandas Hasan Bay satu dari empat orang akan terkena dampak dari kekurangan Air bersih.

“Karenanya kami tawarkan Sumur Resapan sebagai solusi. Tentu tawaran solusi ini melalui kajian mendalam, jadi solusinya tidak asal-asalan. Melalui kajian itu kami tiba di kesimpulan Sumur Resapan. Selain lebih relevan dengan konteks Ternate, dari biaya juga murah, ya hampir sama dengan pembuatan septic tank. Bahkan cara untuk membuatnya pun relatif lebih gampang. Prinsipnya, kami ingin tawarkan solusi tanpa harus membebani keuangan daerah, supaya uangnya bisa di alokasikan ke hal-hal lain tanpa harus ada pemotongan” imbuhnya.

Di samping itu, Asghar Saleh juga menegaskan hal serupa akan pentingnya Sumur Resapan. Ia mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada target pembangunan 1000 Sumur Resapan di Ternate. Namun yang terealisasi atau baru dibangun baru 94 Sumur Resapan.

“Selain solusi Sumur Resapan yang pasangan MHB-GAS tawarkan. Jadi kami kalau dipercayai masyarakat memimpin kota Ternate, akan kami lakukan juga pembatasan lahan terbangun tuk konservasi. Tujuannya adalah agar sumber-sumber Air tetap terjaga, terutama Air Tanah,” pungkas Mohammad Asghar Saleh. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed