oleh

Bakugasa Netralitas ASN Masuk Program Pemkot Ternate

TERNATE-Program “Gerakan Sadar Netralitas ASN” atau BAKUGASA ASNetral yang digagas Bawaslu Provinsi Maluku Utara akan dijadikan sebagai program di jajaran Pemerintah Kota Ternate.

Hal itu dikarenakan sejalan dengan visi Waikota Ternate DR M.Tauhid Soleman M.Si yakni menjadikan Ternate sebagai kota Inklusif. “Netralitas ASN adalah bagian dari salah satu visi kita, menjadikan Ternate sebagai kota Inklusif,”ungkap Walikota Ternate, DR M Tauhid Soleman M.Si saat Podcast di studio Bawaslu Malut, Jumat (18/6/2021).

Lanjut Walikota, Inklusif itu tidak diskriminasi kepada siapa, oleh karena itu kita berharap bahwa ASN harus mampu memberikan pelayanan kepada siapapun, bukan karena perbedaan politik.

“Dan ASN harus menentukan bahwa dia adalah ASN yang betul-betul professional karena ini Kota. Dimana Kota membutuhkan orang-orang yang lebih berpikir untuk kepentingan orang banyak daripada kepentingan pribadi ataupun kepetingan politik belaka,”ujarnya.

Menurut Walikota, program Makugasa Netraltitas ASN akan dijadikan bagian internalisasi dalam lingkup Pemkot Ternate. Apakah itu dalam pengenal-pengenalan secara terbuka untuk khalayak maupun secara tertutup (internal) bagi ASN di lingkup Pemkot Ternate.

Walikota juga berharap, Bawaslu harus diperbanyak adalah simbol-simbol Makugasa dalam internal pemerintahan. “Contohnya gambar logo Makugasa nanti ditempatkan dalam sudut kantor di lingkup pemerintah kota,”katanya.

Selain itu dilakukan edukasi secara terus menerus, dalam pembinaan ASN pada hal-hal seperti saat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) maupun hal-hal yang terkait dengan adanya reward  pada ASN yang betul-betul professional dan bisa menegakan netralitas dalam kehidupan dan lingkup bekerja.

“Saya kira kita perlu keluar dari kotak Pandora, ke depan kalau ada ASN atau OPD yang betul-betul netral kita perlu melakukan promosi yang lebih daripada orang atau ASN yang tidak netral,”sebutnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed