oleh

Buka Musda III HIPMI, Walikota Ternate Beri Tugas Bagi Kalangan Pengusaha Muda

TERNATE-Pemerintah Kota Ternate memberikan tawaran kepada para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berinovasi dalam mengembangkan investasi di Kota Ternate. Mengingat, Kota Ternate menjadi daerah dengan potensi yang baik untuk investasi maupun pasar di Maluku Utara.

Disadari Kota Ternate tidak banyak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), akan tetapi Kota Ternate memiliki posisi strategis di Provinsi Maluku Utara. Untuk itu para pengusaha muda yang tergabung dalam HIMPI hendaknya memanfaat posisi tersebut dengan melakukan inovasi dalam pengembangan usaha untuk menangkap pasar.

“Saya yakin adik-adik punya banyak ide untuk menjadi wirausaha, tetapi ide tersebut tidak segera dilaksanakan,”ungkap Walikota Ternate DR. M Tauhid Soleman M.Si saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) III HIMPI Kota Ternate, Senin (21/6/2021) bertempat di aula kantor Walikota, Jalan Pahlwan Revolusi Ternate.

Walikota mengatakan, generasi muda setelah lulusan sekolah dan perguruan tinggi mengubah pola pikir, setelah lulus tidak mencari pekerjaan tetapi membuka lapangan pekerjaan.

“Biasanya setelah lulus pikirannya mencari pekerjaan dan selalu oretansi ke ASN, pola pikir ini harus dirubah. Generasi muda harus menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan,”pintah Walikota Tauhid Soleman.

Dikatakan, generasi muda harus mengubah mindset atau pola pikir dari pencari kerja menjadi pencipta kerja. Bertambahnya wirausaha dari kalangan pemuda melalui pemberdayaan ekonomi rakyat diharapkan bisa memecahkan masalah pengangguran dan kemiskinan,” tambahnya.

Kota Ternate saat ini memiliki potensi wisata salah satunya, Tauhid Soleman mengajak kalangan muda yang tergabung dalam HIPMI mengembangkan potensi Pariwisata, dengan tidak bermuluk-muluk besar mendatangkan wisatawan asing.

Apalagi katanya, pesatnya investasi di daratan Halmahera saat ini telah membawa Maluku Utara pada pertumbuhan ekonomi nomor dua di Indonesia setelah Papua. “Harapannya para pengusaha muda punya strategi menarik para pelaku investasi untuk datang ke Ternate baik sedekar berlibur dan memanfaatkan waktu istrahat di Ternate,”kata Tauhid.

Menurut Walikota, dalam era Society 5.0 perlu diarahkan pada peran generasi milenial untuk kemajuan masa depan bangsa  dan daerah pada khususnya. Sehingga diperlukan integrasi salah satunya dengan pemerintah sebagai regulator.

“Diharapkan dengan adanya integrasi dan kolaborasi tersebut, para milenial memiliki kemampuan untuk menciptakan nilai tambah secara konsisten dari inovasi teknologi mulai dari input hingga output. Sehingga inovasi yang dihasilkan dapat menciptakan keunggulan bersaing,”ungkapnya. (red)

Walikota Ternate M. Tauhid Soleman bersama Ketua HIPMI Maluku Utara, Bahtiar Kadir pada pembukaan Musda III HIPMI Kota Ternate
Bagikan

Komentar

News Feed