oleh

Cerita Kontingen Sumbar, Sofifi Terasa Seperti Kampung Halaman Sendiri

SOFIFI-Pengakuan Kontingen Kafilah Sumatera Barat pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional XXVI di Sofifi Maluku Utara, terhadap pelayanan yang dilakukan Liaison Officer (LO) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dharma Wanita Persatuan PUPR.

“Sofifi bagi kami seperti kampung halaman sendiri, itu karena pelayanan dari Dharma Wanita PUPR kepada kami dari Sumbar,”ungkap DR. Elsandra Eka Putera SP.d M.Si, Koordinator Lapangan (Korlap) Kafilah Sumatera Barat kepada wartawan di Kompleks Perumahan ASN I Sofifi, Rabu (20/10/2021).

Elsandra mengaku, sebelumnya LO Dinas PUPR serta Dharma Wanita PUPR telah melakukan kerjasama dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) Maluku Utara, sehingga terasa persaudaraan telah terjalin.

Hal itu terasa ketika menginjak kaki pertama kali di Bandara Sultan Babullah Ternate sudah disambut oleh panitia serta LO, termasuk Keluarga Besar Sumbar di Maluku Utara. “Suasana persaudaraan terasa sejak kami pertama kali tiba di Ternate,”katanya.

Kendati begitu, Elsandra mengaku yang menjadi kendala hanya pada menu makanan Maluku Utara berbeda dengan menu makanan Sumatera Barat (Padang). Sebab katanya, ada sebagian peserta Sumbar yang belum pernah keluar daerah.

“Ada sebagian rombongan kami yang baru pernah keluar daerah, sehingga belum mampu beradaptasi dengan makanan daerah lain. Tapi itu sebagian saja, ada teman-teman yang sudah biasa beradaptasi dengan makanan daeah lain,”sebutnya.

Kontingen pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI 2021 di Maluku Utara mengikusertakan 20 kafilah yang berlaga pada empat cabang dan 10 golongan. Dimana empat cabang yang diikuti adalah cabang tilawah dewasa putra putri dan anak-anak putra putri.

Cabang tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz masing-masing putra putri. Selanjutnya cabang tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang hadist golongan 100 hadist pakai sanad dan 500 hadist tanpa sanad putra putri. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed