oleh

Dandim 1501 Arahkan Anggotanya Netral di Pilkada 2020

TERNATE,MSC-Komandan Kodim 1501 Ternate Letnan Kolonel Inf R. Moch Iskandarmanto mengingatkan kepada seluruh jajaranya untuk tetap netral pada momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Letnan Kolonel Inf R. Moch Iskandarmanto mengatakan, dalam menghadapi Pilkada 9 Desember mendatang pada dasarnya Kodim 1501 baik di Ternate maupun Halmahera Barat (Halbar) pihaknya siap mengawal tahapan Pilkada dari awal sampai selesai. Bagaimana pun, kata dia, pesta demokrasi ini dari rakyat. Selain itu, pihaknya juga berharap kepada seluruh masyarakat siapa yang nanti terpilih itulah pilihan masyarakat.  “Dirinya selaku komandan Kodim menghimbau kepada masyarakat siapa yang terpilih dan ditetapkan oleh KPUD nanti itulah pemimpin pilihan kita,”katanya kepada wartawan, Minggu (8/11) kemarin.

Lanjutnya, untuk Netralitasi TNI dirinya telah menyampaikan kepada seluruh jajaranya tetap memegang teguh. “Saya juga perintahkan kepada seluruh Danramil disetiap apel untuk selalu mengingatkan kepada anggota tentang netralitas TNI,”ujarnya.

Kata dia, pihak TNI tidak boleh mendukung salah satu paslon. Selain para anggota, dirinya pun mengingatkan kepada seluruh istri anggota untuk tidak mengarahkan kepada siapa-siapa untuk memilih paslon-paslon tertentu.

“Iya kita tetap netral dan siap mengawal sampai tidak ada kejadian yang tidak di inginkan,”tegasnya.

Ia mengatakan, pihak Mabes TNI telah membuat dan  membagikan Buku Saku. Buku saku itu menjelaskan tentang netralitas TNI, dan buku itu telah di perbanyak dan dibagikan kepada seluruh Babinsa. “Ini khusus Babinsa di wilayah kodim ternate,”jelasnya.

Menurut Komandan Kodim, buku saku netralitas TNI itu dirinya memerintahkan kepada seluruh anggota terutama para Babinsa untuk selalu membawa buku tersebut dan di baca. Dalam buku itu telah di jelaskan, kalau oknum anggota tidak netral sanksi telah ada. Sehingga itu, dirinya selalu mengingatkan dan menegaskan kepada seluruh anggota untuk memegang teguh netralitas TNI.

Ia menambahkan, dengan kondisi seperti ini dari jauh-jauh hari sebelum ada penetapan calon dan pengambilan nomor urut pihaknya selalu menyampaikan kepada seluruh pihak untuk tetap mempedomani aturan-aturan dari KPUD maupun Bawaslu.

“Bahkan kami juga selalu mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih pandemi Covid-19,”tandasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed