oleh

Frans-Muchlis Unggul di Pilkada Halmahera Utara, Ini Jumlah Perolehan Suara

TOBELO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara telah menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Susulan pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, Rabu (28/4/2021).

Pelaksanaan PSU dan Pemungutan Suara Susulan tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Maret lalu. Dalam putusannya memerintahkan penyelenggara untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pilkada di empat TPS, termasuk di PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

KPU Kabupaten Halmahera Utara diminta untuk melakukan PSU di TPS 02 Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk; TPS 07 Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo; TPS 01 dan TPS 02 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara.

Pelaksanaan PSU diikuti dua paslon diantaranya, calon petahan Frnas Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM MANTAP) nomor urut 1 dan Paslon Joel Wagono-Said Bajak (Jos) nomor urut 2.

Data yang diperoleh dari hasil penghitungan yang dilakukan di masing-masing TPS diantaranya, TPS 07 Desa Rawajaya FM Mantap memperoleh suara sebanyak 171 Suara dan Jos memperoleh 159 suara. Untuk Desa Tetewang FM Mantap memperoleh suara sebanyak 59 sementara Jos memperoleh 91 suara.

Untuk Desa Supu Kecamatan Loloda Utara FM Mantap masih mendulang suara yang cukup siknifikan yakni 502 suara, sementara Jos memperoleh 200 suara. Untuk TPS khusu PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang melakukan pemungutan suara susulan terdapat dua TPS.

Dimana perolehan suara untuk TPS 1 FM Mantap memperoleh 100 suara dan Jos memperoleh 123 suara. Untuk TPS 2 FM Mantap memperoleh 102 suara dan Jos memperolh 125 suara.

Dengan demikian total perolehan suara paslon FM Mantap 933 suara dan Jos memperoleh 696 suara. Sehingga total suara untuk FM Mantap 933 ditambah dengan Saldo 211 total seluruhnya 1.144 suara, sedangkan Jos memperoleh total suara PSU sebanyak 696 suara.

Jika ditambah peroleh secara keseluruan pelaksanan Pilkada 9 Desember lalu, paslon FM-Mantap sebanyak 49.813 maka suara FM-Mantap saat ini adalah 50.245. Sedangkan paslon Jos 49.602 jika ditambahkan dengan suara PSU dan PSS saat ini maka totalnya menjadi 50.098. Sehingga paslon FM Mantap memperoleh jumlah suara terbanyak dengan selisi 147 suara dari paslon Jos. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed