oleh

Hubungan 01 dan 02 Ternate Dikabarkan Sudah Tak Harmonis

TERNATE-Kendati belum sampai sertaus hari kerja Pemerintah Wali Kota dan Wakil Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman dikabarkan sudah tak harmonis. Bahkan 02 Ternate memilih tidak berkantor sudah hampir dua pekan. Sementara 01 Ternate terlihat masih tetap berkantor.

Berhembus kabar Wakil Wali Kota yang juga ketua DPW PKB itu, kecewa karena tidak dilibatkan dalam berbagai keputusan strategis Pemerintahan. Seperti proses pelantikan dan pengukuhan 89 orang pejabat eselon III dan IV pada 30 Juni 2021.

Hubungannya pasangan yang disapa TULUS pada Pilkada 2020 lalu lebih memanas, ketika 02 Ternate tak lagi dilibatkan dalam pembentukan tim asesmen dalam pelaksanaan uji kompetensi dan evaluasi kinerja pejabat eselon II di lingkup pemkot Ternate, yang diketuai Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Dr. Saiful Deni.

Jasri Usman dikabarkan tak tahan lagi dengan sikap Wali Kota M Tauhid Soleman, ketika melakukan pencopotan Kepala Dinas PUPR Kota Ternatre, Risval Tribudiyanto dari jabatannya. Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Nomor 821.2/KEP/2043/2021 tertanggal 9 Juli 2021.

Sebuah sumber di dalam kantor Wali Kota menyebutkan, beberapa saat ketika Risval Tribudiyanto dipanggil Wali Kota M Tauhid untuk menyampaikan pencopotan dirinya dari jabatan sebagai Kadis PUPR. Risval Tribudiyanto sementara berada di ruang Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman.

Orang nomor dua di Kota Ternate tersebut tidak mengetahui dan tidak diberitahu soal pencopotan Kadis PUPR, Risval Tribudiyanto. Dia baru mengetahui pencopotan kadis PUPR dari orang dan pemberitaan media.

Puncak kemarahan Jasri Usman pasca Kadis PUPR dicopot, Jasri Usman langsung keluar dari group WhatsApp OPD Pemkot Ternate. Dan mulai saat itu Jasri Usman tak lagi berkantor dan memilih bekerja dari rumah.

Terkait kabar keretakan dua pucuk pimpinan kota Ternate, Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman ditemui tidak menyebut secara spesifik hubungan dirinya dengan orang nomor satu di kota Ternate mulai tidak harmonis.

Akan tetapi, Jasri Usman membeberkan, tidak dilibatkan dalam proses pelantikan dan pengukuhan. Tak hanya itu, 02 Ternate itu juga tidak dilibatkan dalam pembentukan asesmen dalam pelaksanaan uji kompetensi dan evaluasi kinerja pejabat eselon II di lingkup pemkot Ternate. Bahkan Jasri Usman mengaku dirinya juga tidak mengetahui pencopotan Kadis PUPR Kota Ternate.

“Pelantikan saya tidak tahu, termasuk pembentukan tim asesmen juga saya tidak dilibatkan. Begitu juga pencopotan Kadis PUPR. Saya berharap wali kota bisa terbuka, sehingga roda pemerintahan ini bisa berjalan baik,” katanya saat ditemui di kediamannya pada Selasa (20/7/2021). (red)

Bagikan

Komentar

News Feed