oleh

Jika Terpilih, MHB-GAS Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Pusat

JAKARTA,MSC-Calon Walikota Ternate, Muhammad Hasan Bay, mengaku sangat siap bersinergi dengan pemerintah pusat manakala pasangan MHB-GAS dipercaya memimpin kota Ternate untuk lima tahun mendatang. Ia menyebutkan ada sejumlah program yang mereka canangkan bersinggungan langsung dengan agenda-agenda besar pemerintah pusat. Atas dasar itulah perlu adanya sinergitas pemerintahan lintas sektoral.

Pria yang akrab disapa Ko Hama ini menandaskan bila sinergitas akan dilakukan dengan siapa saja, entah itu pemerintah pusat, masyarakat maupun pihak swasta. Baginya membangun kota Ternate akan jauh lebih baik bila dilakukan secara kolektif kolegial. Melalui cara seperti itulah, kata Hasan Bay, transformasi daerah akan berlangsung dengan cepat dan dinamis.

“Pada prinsipnya MHB-GAS jika terpilih memimpin kota Ternate akan bersinergi dengan siapa pun, entah itu masyarakat, pemerintah pusat maupun swasta. Karena menurut hemat kami membangun Ternate akan jauh lebih baik bila melibatkan seluruh entitas terkait. Dengan cara itu transformasi daerah bisa berlangsung cepat dan dinamis,” jelas Muhammad Hasan Bay, saat dihubungi melalui sambungan seluler, pada Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut Ia menyebut beberapa program terkait yang menurut Hasan Bay itu sendiri, memang mengharuskan pemerintah daerah bersinergi dengan pemerintah pusat. Program yang disebutkan, antara lain adalah Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan (BISA MAPAN), program Bisa untuk Peningkatan Layanan Kesehatan Unggulan (BULAN), Bisa Layanan Akses Pendidikan Berkualitas untuk Semua (BI LAYAR PEDIA), dan Bisa Bersama untuk Sinergi Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Buruh (BISA KREATIF BRO).

“Ada beberapa program yang MHB-GAS canangkan terkait langsung dengan agenda-agenda pemerintah pusat, seperti pembangunan, lapangan pekerjaan, pendidikan dan kesehatan. Kami punya namanya program BISA MAPAN, program BULAN, BI Layar Pedia, dan terakhir program Bisa Kreatif Bro,” imbuhnya.

Dikatakan, beberapa program yang saya sebutkan tadi adalah program yang bersinggungan langsung dengan agenda pusat, jadi tidak hanya agenda daerah semata. Persoalan lapangan pekerjaan, pendidikan, dan kesehatan serta wisata, ekonomi kreatif dan buruh semuanya itu juga masuk dalam perhatian dari pemerintah pusat. Sehingga sinergitas pemerintahan bagi MHB GAS penting dilakukan. Agar realisasi dari program itu bisa efektif dan efisien.

Di samping itu Hasan Bay menuturkan pembangunan kota Ternate harus tetap berpijak pada nilai-nilai Adat seatorang, sekalipun pemerintah kota harus bersinergi dengan pusat. Hematnya nilai-nilai kultural tersebut mesti diselaraskan dengan visi agenda pembangunan nasional agar tidak melenceng dari amanah konstitusi.

“Pembangunan kota Ternate, di samping harus berpijak pada nilai-nilai adat Seatorang, perlu juga diselaraskan dengan pembangunan nasional agar tidak melenceng dari amanah konstitusi. Apalagi sekarang ini kebijakan makro, pemerintahan pusat, terjadi perubahan,”pungkasnya.

Maka itu daerah harus memperhatikannya, kata Hasan Bay tugas pemerintah kota Ternate nanti merumuskan kebijakan dengan mengartikulasi nilai-nilai adat dan kepentingan masyarakat yang disesuaikan dengan kebijakan pusat ke dalam sebuah kebijakan pemerintah kota itu sendiri. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed