oleh

Kades Silalayang: Upacara TULUDE Acara Khas Suku Sanger Dirayakan Setiap Tahun

WASILE,MSC-Warga masyarakat Desa Silalayang Kecamatan Wasile Tengah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara, menggelar Upacara TULUDE, Selasa (11/02/2020).

Kepala Desa Silalayang, Arnel Panggelawang dalam sambutannya menyebutkan, acara upacara “Tulude” merupakan acara khas suku sanger dan diselenggarakan setiap tahun oleh masyarakat Desa Silalayang.

“Tulude memiliki arti adalah tolak tahun yang secara umum arti menolak tahun yang lama dan menyambut tahun yang baru,” sebut Arnel pada saat memberikan sambutan upacara Tulude.

Arnel mengatakan, acara Tulude mengusung tema “Sengkanaung Su Pedarame” artinya persatuan dalam perdamaian” sebagai manusia wajib saling menghargai dan menghormati satu dengan lain.

“Atas nama pemerintah desa dan tokoh adat merasa penting untuk mengusung tema ini, agar tetap berada dalam satu lingkaran persatuan dan kesatuan di negeri ini,” katanya.

Menurut Arnel, kehadiran Bupati Haltim Muh Din dan membuka dengan resmi upacara Tulude di Desa Silalayang merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat. “Atas nama masyarakat Desa Silalayang sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Halmahera Timur yang hadir pada upacara adat Sangihe dan ini merupakan kali pertama upacara adat “Tulude,” katanya.

Dikatakan, selaku pimpinan Desa Silalayang dirinya memohon kerendahan hati kepada Bupati untuk selalu melihat Silalayang yang masih banyak kekurangan dalam pembangunan desa.

“Kami sangat mengharapkan perhatian serius dri Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati,” harap Arnel. (can/ADV).

Bagikan

Komentar

News Feed