oleh

Kapal Bermuatan Ratusan Penumpang Terbakar di Laut Kepulauan Sula

TERNATE-Kapal Penumpang KM Karya Indah yang bermuatan ratusan penumpang dan sejumlah barang muatan, Sabtu (29/5/2021) sekitar pukul 07.15 WIT pagi terbakar di atas laut. Tepat di Perairan Pulau Limafatola, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Sebelumnya KM Karya Indah berangkat dari Ternate pada Jumat (28/5/2021) kemarin sekitar pukul 17.20 Wit dengan tujuan Sanana, dan diperkirakan akan tiba di Sanana Sabtu (29/5/2021) sekitar pukul 10.00 WIT.

“Kapal tersebut berangkat dari Ternate Jumat kemarin sekitar pukul 17.20 WIT dengan tujuan Sanana, dan diperkirakan akan tiba di Sanana Sabtu sekitar pukul 10.00 Wit,”ungkap Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5/2021) sore.

Kapal yang dinahkodai Mahmudin La Hudi tersebut berjenis kargo dengan kapasitas penumpang 300 orang, dilaporkan saat terbakar memuat penumpang sebanyak 181 orang dan 14 Anak Buah Kapal (ABK).

Seluruh penumpang dilaporkan selamat dan berhasil dievakuasi Tim dari Basarnas serta tim gabungan KUPP Sanana serta Polres setempat. Saat kebakaran seluruh penumpang telah disiagakan dengan menggunakan life jacket.

Evakuasinya seluruh penumpang dibawa ke pulau terdekat, setelah itu akan dibawa ke Sanana karena semuanya tujuan Sanana. “Kebakaran itu infonya yang kami dapat sekitar jam 7 pagi,” kata Affan.

Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, namun dugaan sementara api berasal dari dapur kapal tersebut. Seleuruh penumpang saat ini sebagaian besar menjalani penanganan medis karena kondisi sok karena panik. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed