oleh

Ketua Bawaslu : Pers Maluku Utara Punya Kontribusi Pilkada di Masa Pandemi

TERNATE- Ditengah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) turut memberikan apresiasi bagi pekerja media terutama di Malut. Hal ini tak lepas dari sumbangsih yang diberikan oleh pers terutama di masa tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 dan juga masa pandemi Covid-19.

“Mesti pilkada kerap diwarnai kompetisi yang ‘tidak fair’, pers tetap menunjukan dirinya sebagai pihak yang mampu menjaga independensi dan tidak memberitakan informasi yang sifatnya memprovokasi”ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin SH MH dalam rillis yang diterima malutsatu.com pada Selasa (9/2/2021).

Menurutnya, atensi yang diberikan pers pada pelaksanaan pilkada turut berkontribusi besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi tetap dalam keadaan kondusif.

“Sebagai salah satu pilar demokrasi bangsa, dalam satu tahun terakhir ini, pers secara konsisten menyampaikan informasi dan juga dukungan, masukan dan kritik-kritik yang membangun dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020,” ucap Muksin Amrin.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Malut, Drs Irwan M Saleh, menuturkan, pers memiliki peran yang sangat penting terutama di masa pandemic Covid-19, apalagi di saat pelaksanaan Pilkada 2020.

“Peran yang ditunjukan pers sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya-upaya memutus rantai penyebaran virus corona melalui informasi yang actual termasuk saat pelaksanaan Pilkada 2020,” tuturnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed