oleh

KIP Malut Kolaborasi Informasi Bersama PT PLN UP3 Ternate

TERNATE-PT (Persero) Perusahaan Listrik Negara (PLN) salah satu BUMN yang terkait dengan pelayanan kepada masyarakat. Tak hanya pelayanan kelistrikan, akan tetapi pelayanan informasi bagi PT PLN merupakan sebuah kahrusan.

“PLN adalah BUMN pelayanan public, keterbukaan infomasi kepafda public sangat penting terkait dengan hak-hak public,”ungkap Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Maluku Utara, Azis Marsaoly saat silaturahmi KIP Malut dan pihak PT PLN (UP3) Ternate, pada Selasa (9/2/2021).

Dalam melakukan kunjungan bertempat di ruang rapat manajer UP3 Ternate KIP Maluku Utara dipimpin ketuanya Azis Marsaoly bersama Wakil Ketua Ismet Sahupala, dua anggota lainnya yakni, Mochdar Bailussy dan Awat Halim. Sementara pihak PLN Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey beserta sejumlah kepala bagian.

Pertemuan dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19 itu, Azis Marsaoli memberikan apresiasi terhadap UP3 Ternate konsistensi dan komitmen PLN dalam pengelolaan perusahaan yang terbuka dan transparan melalui implementasi Undang-Undang (UU) No 14 Tahun 2008 tentang KIP.

Azis Marsaoly berharap ketebukaan Informasi Publik sesuai amanat UU KIP juga sejalan dengan upaya PLN untuk menjadi perusahaan yang transparan untuk mendukung program anti korupsi.

Sementara itu Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey pada kesempatan itu mengatakan, secara kelembagaan UP3 Ternate tidak memiliki pejabat yang mengelola informasi, akan tetapi sebagai BUMN pelayanan public keterbukaan informasi public telah diterapkan PT PLN.

“Kami tetap komitmen soal keterbukaan informasi, apalagi dengan adanya silaturahmi serta keberadaan KIP Malut sebagai lembaga yang bias saja mengontrol manajemen UP3 Ternate,”kata Gamal Kambey.

Gamal juga menyatakan, sebagai wujud dari keterbukaan informasi PT PLN telah mencanangkan program PLN Mobile, dimana public dapat mengakses seluruh informasi didalamnya.

“Ini merupakan bagian dari transformasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Tak hanya sekadar aplikasi, melalui PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru serta kemudahan kepada pelanggan,” kata Gamal.

Hanya saja untuk PT PLN UP3 Ternate masih mempersiapkan perangkat pendukung PLN Mobile dan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan di wilayah UP3 Ternate. “PLN Mobile, Insya Allah dalam waktu dekat sudah dilouncing,”sebutnya.

Beberapa fitur utama dari aplikasi New PLN Mobile diantaranya, Pembelian token bagi pelanggan pra bayar, Pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pasca bayar, Monitor penggunaan listrik dan pembelian token, Mengajukan layanan pengubahan daya, Swadaya catat angka meter (Swacam) serta Layanan pengaduan pelanggan. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed