oleh

KNKT Bertolak ke Sula Terkait Terbakarnya KM Karya Indah

TERNATE-Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Senin (31/5/2021) tiba di Ternate, Maluku Utara. Selanjutnya pada Senin sore tim KNKT melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Kedatangan tim KNKT terkait kebakaran KM Karya Indah saat sedang dalam pelayaran dengan rute Ternate-Sanana, sekitar 5 Mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula pada Sabtu (29/5/2021).

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate Affan Tobona kepada wartawan mengakui, dirinya telah didatangi tim KNKT dan selanjutnya akan menuju ke Sanana. “Tadi saya sudah didatangi tim KNKT, sore ini mereka langsung ke Sanana,”ungkap Affan Tobona kepada wartawan, Senin (31/5/2021) di kantor KSOP Ternate.

Terkait dengan jumlah perbedaan jumlah penumpang KM Karya Indah, Affan Tobona mengatakan, KSOP Ternate telah berpatokan data resmi yang disampaikan nakhoda sebanyak 181 orang penumpang dan 14 ABK.

“Manives yang diajukan ke kita 181 penumpang dan ABK 14 orang sudah klir, itu laporan dari Nakhoda sebelum kita keluarga Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Dan ini telah saya laporkan ke Dirjen,”kata Affan Tobona.

Dia mengatakan, dari laporan jumlah penumpang yang dilaporkan ke KSOP dalam rangka mendapat SPB masih normal tidak melebihi 300 sesuai dengan kapasitas KM Karya Indah.

https://www.malutsatu.com/data-jumlah-penumpang-kapal-terbakar-km-karya-indah-berbeda/

Untuk itu kata Affan Tobona jika ada penumpang terselubung maupun muatan yang diluar laporan telah menjadi tanggung jawab Nakhoda dan pemilik kapal atau agen. “Jadi dengan sistim baru kita tidak lagi turun periksa satu per satu penumpang begitu juga muatan,”katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam manives tercatat jumlah penumpang sebanyak 181 orang penumpang dan 14 Anak Buah Kapal (ABK). Sementara data hasil evakuasi yang dilakukan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate terdapat 274 orang penumpang dan 14 ABK.

Jumlah penumpang dengan rincian laki-laki 128 orang, perempuan 97 orang, anak-anak 35 orang, Anak Buah Kapal (ABK) 14 orang, masih dalam pencarian satu orang atas nama Dedi Hidayat, laki-laki umur 43 tahun. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed