oleh

Lautan Manusia Saat Pembukaan STQ Nasional ke-26 di Sofifi

SOFIFI-Atunsias masyarakat Maluku Utara menyaksikan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Tingkat Nasional ke-26, terbilang cukup tinggi. Lautan manusia menyasikan STQ yang dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dipusatkan di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut), Sabtu (16/10/21) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa secara bersama oleh Menag Yaqut, Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, Ketua LPTQ yang juga Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin.

Padatnya warga yang menyaksikan, panitia telah menyiapkan layar lebar di sisi kiri kanan belakang panggung tamu. Kendati begitu kapasitas tak mampu menangpung, sebagian besar warga menyaksikan dari jalan raya.

Dalam sambutannya, Menag Yaqut menyampaikan STQH merupakan sarana mewujudkan Islam yang ramah untuk semua umat manusia. Kata Menag Yaqut, Kementerian Agama secara periodik terus memfasilitasi pengembangan tilawatil Qur’an di Indonesia.

“Pembinaan, pengiriman delegasi ke luar negeri, hingga penguatan kelembagaan adalah isu aktual yang terus diperkuat dalam program-program Kementerian Agama,”katanya.

Menag Yaqut menuturkan perhelatan STQH yang diselenggarakan di Sofifi memiliki makna yang sangat strategis. Selain syarat akan sejarah panjang yang kaya akan nilai-nilai kearifan lokal, Maluku Utara adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, menyampaikan terimakasih kepada Menteri Agama atas kesempatan yang diberikan, menjadikan Sofifi sebagai tuan rumah STQH XXVI tingkat Nasional.

“Dari desa, kecamatan, tepatnya di Sofifi, bisa dilaksanakan STQH Nasional. Ini terjadi atas kekuatan Allah Swt, dan kesucian Al-Qur’an,” kata Abdul Ghani Kasuba. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed