oleh

MHB-GAS Berikan Solusi Pertumbuhan Ekonomi Ternate

TERNATE,MSC-Pertumbuhan ekonomi kota Ternate dalam kurun waktu lima tahun terakhir tampak paradoks. Di satu sisi, perekonomian mengalami pertumbuhan secara fluktuatif. Namun pada sisi berlainan, pertumbuhan ekonomi itu tidak berdampak langsung dalam mengatasi persoalan pengangguran dan kemiskinan di kota Ternate.

Calon wakil Walikota, Mohammad Asghar Saleh, kondisi pertumbuhan ekonomi yang cenderung paradoks itu tidak terlepas dari investasi di kota Ternate yang masih terpusat pada padat modal.

Ia menerangkan bahwa tenaga kerja lokal juga tidak terserap dengan baik. Sehingga dengan begitu, terangnya, investasi yang masuk ke Ternate belum berdampak secara umum pada peningkatan kesejahteraan.

“Secara teoritik kalau pertumbuhan itu tinggi, meski di Ternate angka pertumbuhan fluktuatif, maka masyarakat itu sudah bisa menikmati kue pembangunan. Namun di Ternate pertumbuhan ekonomi yang ada, dengan segala catatan pastinya, justru belum mampu mengatasi secara baik kemiskinan dan pengangguran,” jelas Mohammad Asghar Saleh sewaktu dihubungi melalui sambungan seluler, pada Jumat (06/11/2020)

“Kami pasangan MHB-GAS melihat kondisi paradoks dari pertumbuhan itu sebetulnya tidak terlepas dari investasi yang masuk di kota Ternate masih cenderung terpusat pada padat modal dan hanya bertumpu pada penggunaan mesin-mesin, ketimbang tenaga kerja manusia. Selain itu tenaga kerja lokal juga kurang terserap alias minim digunakan, sekalipun pertumbuhan ekonomi kita tinggi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Asgar menegaskan, perlu  adanya koreksi dan evaluasi yang berkenaan dengan investasi di kota Ternate. Menurutnya, investasi padat modal memang penting, tetapi pemerintah jangan sampai hanya fokus pada padat modal semata, melainkan perlu memikirkan alternatif lainnya yang sekiranya bisa berdampak secara umum pada kesejahteraan masyarakat

“Padat karya memang perlu. Tapi pemerintah tidak boleh hanya fokus pada itu saja. Perlu juga pikirkan alternatif lain yang dapat berikan dampak secara umum pada perbaikan kesejahteraan masyarakat. Mengapa harus demikian, sebab pertumbuhan ekonomi Ternate di angka itu tampak belum membuahkan hasil yang memuaskan,” tandasnya.

Di samping itu Asghar menyinggung sektor-sektor usaha yang turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, tidak semua sektor mencatat pertumbuhan ekonomi yang baik. Tapi hanya terdapat beberapa sektor yang berkontribusi pada pertumbuhan, seperti perdagangan, telekomunikasi, dan perhubungan.

“Perdagangan, telekomunikasi, dan perhubungan itu merupakan sektor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Ternate. Kedepannya nanti kalau kami terpilih akan pertahankan itu dan akan tingkatkan juga. MHB-GAS telah menyiapkan solusi agar bagaimana sektor perikanan ini juga bisa tumbuh bagus. Mengingat laut di kota Ternate ini sangat luas,” pungkas Asghar.(red)

Bagikan

Komentar

News Feed