oleh

MHB-GAS Miliki Lima Program Untuk Kaum Perempuan

TERNATE,MSC-Peningkatan kualitas hidup kaum perempuan khususnya ibu-ibu rumah tangga sangat penting. Isu ini menjadi perhatian serius Calon Walikota dan Wakil Walikota M. Hasan Bay dan Moh. Asgar Saleh. Hal ini membuat pasangan nomor 3 menyiapkan lima program buat kaum perempuan.

Menurut dia, peran ibu dalam keluarga sangat penting. Ibu memiliki posisi strategis dalam membangung keluarga dan mendidik anak-anak sebelum beranjak dewasa dan memasuki fase duduk di bangku sekolah.

“Perhatian ke ibu-ibu itu harus mendapatkan porsi yang lebih besar oleh pemerintah. Ada lima program kami yang fokusnya kepada ibu-ibu yaitu Balai Kerja Rakyat (BKR), Pusat Kreatif Ternate, Berikan Makanan Bergizi (BERGIZI) buat bayi, balita, Gerakan Maju Bersama Ibu-ibu Kelurahan (GEMARI IBUKU), Perempuan Petani Mandiri,” tutur Ko Ama, sapaan akrabnya.

Hasan Bay menjelaskan, kaum perempuan khususnya ibu-ibu dapat memanfaatkan program BKR dan Pusat Kreatif Ternate. Karena dua program ini menyediakan pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha bagi kaum perempuan.

Kemudian di program GEMARI IBU akan menyediakan wadah bagi ibu-ibu di kelurahan untuk saling bertukar pikiran yang bertujuan meningkatkan kualitas hidupnya. “Jika kami diamanahkan memimpin Ternate, maka program ini akan memberdayakan para perempuan,” ujarnya.

Sementara Itu, Moh. Asghar Saleh menambahkan, program BERGIZI akan fokus pada para ibu-ibu hamil, bayi, dan balita. Sehingga perhatian kepada ibu hamil harus dilakukan dengan pemenuhan gizi ibu hamil, pemberian tablet tambah darah, pemeriksaan kehamilan sesuai standar.

Kemudian pada balita akan dilakukan pemantauan tumbuh kembang, imunisasi, ASI eksklusif, MP ASI dan pemberian makanan tambahan (PMT) berbahan dasar lokal. Sedangkan program Petani Perempuan Mandiri adalah program di bidang pertanian yang khusus memberikan perhatian kepada petani perempuan.

“Jadi mereka akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan. Kemudian memastikan anak-anak petani mengeyam pendidikan dasar secara gratis, dan mengikitu pelatihan keluarga berencana.” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed