oleh

Pamit Akhiri Masa Jabatan, Ini Pesan Wali Kota dan Wawali Pada ASN

TERNATE-Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman dan Abdullah Tahir (BUR-ADA) memimpin apel gabungan di halaman kantor Wali Kota Ternate, Selasa (16/2/2021) pagi.

Apel gabungan diikuti seluruh pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate itu, sekaligus silaturrahmi dan pamitan dua pimpinan daerah yang akan berakhir masa jabatannya, Kamis (17/2/2021) besok.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman dalam arahannya mengapresiasi, penghargaan dan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemkot Ternate yang telah besama-sama selama 10 tahun membangun Ternate.

Menurutnya, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sudah sepatutnya, seluruh jajaran Pemkot Ternate, bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepada para pimpinan OPD, Wali Kota yang akrab disapa Haji Bur meminta untuk bekerja secara tulus dengan keikhlasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada seluruh pimpinan OPD yang menjadi ujung tombak pemerintahan di Kota Ternate, harus selalu menjaga dan berbaur bersama masyarakat, mendengar keluhan langsung dari masyarakat, harus peka terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat,” pesannya.

“Memang tidak akan mungkin saudara pikul semua persoalan-persoalan masyarakat, tetapi paling tidak saudara jadikan itu sebagai tolak ukur kerja saudara, jangan bersifat apatis dan masa bodoh,” tambah Haji Bur.

Kepada kepala pemerintahan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, Wali Kota dua periode itu berpesan, apabila telah diberi tanggung jawab sebagai kepala Kelurahan, Camat, yang mempunyai wilayah kerja tersendiri, menjadikan  jabatan itu untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Karena masyarakat tau orang yang paling dekat dengan mereka ialah Lurah dan Camat. Olehnya itu perbaikilah hal-hal yang terjadi di tengah masyarakat,” ucapnya.

Dikatakan, setiap aparatur harus memperbanyak membangun koordinasi, “karena kita tidak mungkin bisa bekerja sendiri. Keberhasilan program yang maksimal itu tidak mungkin dilaksanakan sendiri,” ungkap Haji Bur di hadapan ratusan karyawan/karyawati Pemkot Ternate.

“Membangun koordinasi itu tidak akan mungkin merendahkan harga diri kita, justru akan memperkaya wawasan kita dan bahkan justru kita akan dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lebih cepat dan efesien,” harapnya.

“Jadi seluruh OPD harus saling menjaga antara satu sama lain, jangan saling berbantahan, karena hal itu tidak menumbuhkan sikap kedewasaan. Kalau ada persoalan harus berkoodinasi dengan OPD yang lain sehingga bisa dapat menyelesaikan permasalah yang ada,” ujarnya.

Diakhir amanatnya, Haji Bur atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan permohonan maaf jika dalam berpemerintahan, ada hal-hal yang kurang berkenaan baik sikap, sifat dan tindakan.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga meminta maaf jika ada perkataan, sikap dan tindakan yang menyinggung bapak/ibu saudara sekalian,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ternate, H Abdullah Tahir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, secara pribadi dan keluarga meminta maaf, apabila dalam perjalanan pemerintahan BUR-ADA, terdapat hal-hal yang kurang berkenaan baik itu sikap atau perilaku yang kurang tegas dalam melaksanakan tugas.

“Karena sebagi manusia biasa punya kekurangan dan kelemahan tapi itulah potret sebagai sosok Abdullah Taher. Hari ini saya berdiri terakhir dihadapan kalian semua, muda-mudahan sejumlah prestasi yang telah saya dengan pak Wali lakukan kepada seluruh masyarakat kota Ternate terutama para ASN yang mengabdi di Kota Ternate, bermanfaat dan menjadi ladang amal,” kata Wakil Wali Kota.

Politisi Partai Demokrat itu berpesan, kepada seluruh ASN kota Ternate untuk selalu menjaga prestasi, jaga masa pengabdian untuk masyarakat kota Ternate dan untuk Kota Ternate.

Dia berharap, aparatur Pemerintah Kota Ternate bekerja dengan baik, berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, “berikan yang terbaim untuk Ternate yang kita cintai,” ucapnya.

“Siapapun yang akan menggantikan saya dan pak Wali pada periode mendatang maka kita harus ikuti program-programnya dan harus mendukung, semoga Ternate 5 tahun kedepan atau di masa mendatang lebih baik,” harapnya. Usai memimpin apel, wali kota juga meminta maaf kepada seluruh ASN dan PTT yang mengikuti apel karena tidak berjabat tangan, sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed