oleh

PAPDESI Malut Bakal Bersinergi Perusda Kepulauan Sula

SANANA-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Provinsi Maluku Utara, akan berupaya mengembangkan ekonomi masyarakat 78 Desa, di Kabupaten Kepuluan Sula (Kepsul).

Upaya PAPDESI Malut tersebut dengan  menjalin kerja sama dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Kepuluan Sula (Kepsul), sebagai pendukung jalannya pengembangan ekonomi di tingkat Desa.

“Kami berharap kepada pimpinan Perusda di Kabupaten Sula agar kedepan kita bisa sinerji dengan 78 Desa di kabupaten Sula. Agar kita bisa mendorong ekonomi warga di tingkat Desa, terutama dengan memanfaatkan BUMDES,” kata Ketua PAPDESI Maluku Utara Rudi Duwila pekan kemarin.

Tidak hanya itu, Rudi juga bilang bahwa selain sekotor ekonomi, pihaknya juga akan mendorong, sala satu kearifan lokal di Kepsul, yaitu pembuatan tikar tradisional oleh warga Desa.

“Yang terutama pada sektor UMKM, kita bisa kembangkan ibu-ibu yang punya semangat untuk mendorong kearifan lokal di Kabupaten Sula misalnya para ibu ibu pengrajin tikar yang ada di Desa-Desa harus ditingkatkan,”ujarnya.

Bahkan Rudi juga menjelaskan, di tempat prawisata di Kabupaten Sula harus bekerja sama dengan Perusda dan khususnya Disperindagkop. Kerja sama kata Rudi untuk sama-sama mendorong ekonomi rakyat ditingkat Desa, sehingga kedepan biasa wujudkan konsep Sula Bahagia dapat terealisasi di 78 Desa.

“Yang jelas kami dari pengurus DPD PAPDESI Provinsi Maluku Utara tetap mendukung program kerja pemerintah Daerah yang dipimpin Bupati Kabupaten Sula Fifian Ade Ningsi Mus,”tutupnya. (m)

Bagikan

Komentar

News Feed