oleh

Pemda Halut Butuh Rp6 Miliar Bangun Jembatan Katana

TOBELO,MSC-Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara membutuh anggaran sebesar Rp6 miliar untuk pembangunan kembali jembatan Desa Katana yang terputus akibat banjir minggu kemarin.

Untuk memetakan kebutuhan anggaran pembangunan Jembatan tersebut, sebelumnya Bupati Frans manaery telah memerintahkan tim untuk meninjau lokasi bencana putusnya jembatan Desa Katana. 

Sekda Halut Fredy Tjandua ketika dikonfirmasi mengatakan, pemda dalam hal ini instansi tekhnis telah menghitung besaran anggaran pembangunan jembatan dengan panjang 70 Meter.

“Anggaran yang dibutuhkan setelah di estimasikan sekitar 5,8 sampai dengan 6 Miliar rupiah. Jembatan tersebut bakal menggunakan rangka baja,”jelas Sekda kepada wartawan.

Diakuinya, untuk pembanguna telah diusulkan ke pusat hanya saja masuk prioritas kedua, sementara Pemda berharap pembangunan secepatnya karena jembatan tersebjt menjadi penghubung di Desa Katana.

Oleh karena itu kata Sekda, anggaran tersebut dari pergeseran yang saat ini tengah di usulkan ke DPRD Halut. Sebab, hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah kepada wilayah terdampak bencana yang terancam terisolasi karena akses satu-satunya jembatan tersebut terputus akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu.

“Pemda sudah menyurati DPRD terkait pergeseran anggaran untuk menanggulangi pembangunan jembatan di Katana. Sebab, beberapa waktu lalu pemda telah mengusulkan ke pusat. Namun jembatan desa Katana menjadi prioritas kedua sehingga Pemda Halut harus mengambil kebijakan,”ungkapnya.

Jika DPRD kata Sekda telah menyetujui anggaran maka ditargetkan paling lama pembangunannya di targetkan 3 bulan dan April sudah mulai action. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed