oleh

Pemilih Pemula Diharapkan Jadi Icon Pemilih Berkualitas

MABA,MSC-Ketu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Mamat Jalil berharap pemilih pemula bisa menjadi icon serta barometer pemilih yang berkualitas dan integritas.

Harapan itu disampaikan Mamat Jalil pada Kegiatan Sosialisasi Pemilih Pemula yang digelar di SMA Negeri 5 Haltim pada Sabtu, (7/11/2020) Pagi. Hadiri pada acara tersebut Komisioner Bawaslu Kartini Abdullah, dan Kepala Seksi Datun Kejari Haltim Muhamad Isroq.

Dikatakan Mamat, Pemilih Pemula yang notabene adalah pelajar tentu memiliki peluang dan punya peran penting untuk menyalurkan hak suara, juga berperan penting  dalam memberikan edukasi  kepada warga terutama kepada orang tua masing-masing terkait Pemilihan pada pemilihan 9 Desember nanti.

“Jadi pemilih pemula sebagai media yang bisa memberikan penjelasan dan keterangan kepada orang tua bagaimana tata cara memilih yang baik dan tidak boleh terpengaruh dengan hal-hal yang nantinya akan mengarah ke pelanggaran Pemilu,”sebutnya.

Sebab kata Mamat,  tanggal 9 Desember nanti akan menjadi penting untuk menentukan Pimpinan Kabupaten Halmahera Timur, sehingga itu para Pemilih pemula yang masih labil dan memiliki hak suara harus terhindar dari Kejahatan Politik dalam momen ini.

Sementara itu, Koordiv Pengawasan Bawaslu Haltim Kartini Abdullah selain menyampaikan tugas dan kewenangan Bawaslu. Kartini mengajak kepada pelajar yang terlibat nantinya akan lebih mengetahui apa tugas dan fungsi Bawaslu. Menurutnya hal ini menjadi pemberlajaran politik sejak dini kepada pemilih pemula kedepan.

“Saya harap kepada pelajar sebagai pemilih pemula juga yang harus melakukan pendidikan penguatan demokrasi khusunya di kabupaten Haltim,”pintahnya seraya menambahkan agar dapat memastikan pemilihan berjalan sesuai ketentuan.

Pada kesempatan itu juga,  Kartini mengigatkan soal Sanksi sanksi Kejahatan Pemilu sebagagai mana  salah satunya, disebutkan dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Politik Uang.

Mengakhiri Kegiatan itu juga, KPU Haltim langsung menggelar pembagian souvenir yang berisi pesan ajakan agar tidak golput dan harus menggunakan Hak Pilih Selaku Warga Negara Yang Baik.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed