oleh

Pemkot Akan Batasi Jumlah Hotel di Ternate

TERNATE-Pemerintah Kota Ternate akan membatasi jumlah hotel di Kota Ternate, dan akan lebih memperbanyak homestay yang dibangun oleh masyarakat atau penduduk kota Ternate.

Secara umum pengertian homestay adalah rumah warga lokal yang disewakan untuk tempat menginap para wisatawan yang akan berkunjung pada suatu tempat yang berada di lokasi penduduk.

“Kami mendorong masyarakat mengembangkan homestay untuk mendukung pengembangan lokasi-lokasi wisata dalam wilayah kota Ternate,” kata Walikoat Ternate M. Tauhid Soleman, Senin (21/6/2021).

Tauhid mencontohkan seperti objek wisata pantai Sulamadaha, jika penduduk setempat menyediakan rumhanya minimal satu kamar untuk homestay sudah memberikan dampak ekonomi bagi warga tersebut.

“Begitu juga beberapa tempat wisata lainnya yang letaknya jauh dari hotel, dapat memanfaatkan homestay. Selain itu menguntungkan bagi wisatawan karena jarak menikmati wisata dekat dengan tempat tinggal.

Melihat kondisi tersebut, katanya masyarakat sekitar bisa menyediakan homestay sehingga pengunjung dari luar Ternate bisa menginap di homestay sehingga mereka bisa datang lebih awal.

“Kalau bisa orang luar kota menginap di homestay agar tidak terlambat dan masyarakat setempat bisa meraih keuntungan dari dana pengunjung yang dikeluarkan untuk menginap,” katanya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed