oleh

Pemkot dan Masyarakat Akan Antusias Sambut Petaka Sultan Baabullah

TERNATE,MSC-Penetapan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional, disambut antusias masyarakat, para tokoh dan pemerintah Kota Ternate maupun Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Mereka mengucapkan rasa syukur atas penetapan itu, karena bertahun-tahun menantikannya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Ternate dan masyarakat akan menyambut kedatangan rombongan pembawa plakat gelar Pahlawan Nasional Sultan Baabullah, Sabtu (14/11/2020).

Penyambutan dilakukan saat kedatangan, setelah menerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Joko Widodo, Selasa (10/11/2020) hari ini di Istana Negara, Jakarta, dilakukan sebagai bentuk kebanggan masyarakat Kota Ternate.

Kabag Humas, Protokoler dan Komunikasi Setda Kota Ternate, M. Saiful Arsyad kepada wartawan mengatakan, setelah penganugerahan, Pemkot dan masyarakat akan melakukan penjemputan dengan tetap mengikuti protocol kesehatan Covid-19.

“Akan ada penjemputan, yang rencana awalnya dilakukan pada Sabtu pekan ini, dan dari Dinas Sosial juga sudah berkoordinasi dengan Kesultanan Ternate,” katanya.

Menurut Saiful, penjemputan sendiri akan melibatkan warga, namun tetap menggunakan protokol kesehatan. “Dan nantinya akan dilanjutkan dengan syukuran, yang dipusatkan di Kedaton Kesultanan Ternate, dan itu juga sudah dikoordinasikan dari Dinas Sosial,” katanya.

Sementara dalam penerimaan gelar Pahlawan Nasional kata dia, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bersama unsur pemerintah dan Hidayat Mudaffar Sjah, mewakili pihak keluarga.

“Besok (hari ini) penganugerahan Pahlawan Nasional akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi. Pemerintah Kota Ternate mengucapkan terima kasih buat seluruh masyarakat yang telah mendukung hingga gelar pahlawan nasional ini diterima Sultan Baabullah, dan spirit perjuangan Baabullah dalam menggusir penjajah akan menjadi spirit bagi pemerintah dalam pembangunan ke depan,” terangnya,

Tak lupa kata Saiful Pemkot juga mengucapkan terima kasih untuk LSM Keramat yang sudah memprakarsai pengusulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed