oleh

Pemuda Muhammadiyah Malut Salurkan Daging Kurban

TERNATE-Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Maluku Utara (Malut), menyalurkan hewan kurban pada Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/20 Juli 2021 di Kota Ternate. Penyembelihan dan pembagian daging kurban itu dipusatkan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate, Kelurahan Sulamadaha, kecamatan Ternate Barat.

Ketua PWPM Maluku Utara, Faujan A. Pinang pada wartawan menyampaikan, Idul Adha 1442 H tahun ini Pemuda Muhammadiyah Malut melakukan kurban 1 ekor sapi dengan bobot 90 kg dan 1 ekor kambing.

“Dalam hari raya Iduladha, kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk bersyukur terhadap segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Maka kita diperintahkan untuk menyembelih kurban sebagai manifestasi dan simbol rasa syukur kepada Allah SWT,” kata Faujan.

Setelah menyembelih kurban, disunnahkan untuk memakannya dan membagikannya kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Faujan mengatakan, kurban merupakan momen sukacita yang menjadi salah satu dari rangkaian hari raya Iduladha.

Sementara hikmah kurban, kata Faujan, salah satunya adalah untuk meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Melaksanakan ibadah kurban juga sebagai bentuk kepatuhan kita terhadap ajaran Rasulullah SAW dan Allah SWT,” terangnya.

Faujan menambahkan, kurban tahun ini masih di tengah pandemi Covid-19 sehingga tujuan dari kurban ini atas dasar kebersamaan untuk berbagi kepada sesama.

“Sangat tepat untuk saling membantu dan berbagi bersama masyarakat di tengah pandemi. Kondisi ini kita dibutuhkan saling berbagi dengan masyarakat yang ada di sekitar kita, terutama mereka yang membutuhkan,” tambah Faujan.

Selain melakukan pembagian daging kurban, PWPM juga melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan makan bersama anak panti, kaum duafa dan warga sekitar sekretariat. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed