oleh

Pengawas TPS Diintruksikan Fokus Pengawasan Formolir Model C Pemberitahuan-KWK

WASILE,MSC-Pra pemungutan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Timur tahun 2020, pengawasan difokuskan pada kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terkait dengan distribusi formulir model C Pemberitahuan-KWK kepada pemilih. 

Kordiv PHL Panwaslu Kecamatan Wasile Timur, Basar Harisun mengatakan, pada saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis), Kamis (03/12/2020) Panwaslu Kecamatan Wasile Timur mengintruksikan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Wasile Timur untuk fokus terhadap pendistribusian formulir model C Pemberitahuan-KWK itu.

“Kami minta PKD dan PTPS se Wasile Timur, melakukan pengawasan secara insentif,” kata Kordiv PHL, Basar Harisun dalam rillis yang disampaikan ke malutsatu.com, Jumat (4/12/2020).

Pengawas TPS, lanjut zhar sapaan akrab Kordiv PHL Wasile Timur, harus mencatat berapa jumlah yang sudah disebar oleh KPPS kepada para pemilih yang berhak dan berapa yang tidak tidak ditemukan pemilihnya. Jika tidak ditemukan, formulir model C Pemberitahuan-KWK harus dikembalikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

“PPS menerima pengembalian Formulir model C Pemberitahuan-KWK dari KPPS dengan menuangkan kedalam berita acara pengembalian, dan data itu juga harus dikantongi oleh Pengawas PTPS agar sisa dari formulir itu tidak disalah gunakan oleh okunum-oknum tertentu,”tuturnya.

Dalam pendalaman kegiatan Rakernis persiapan pemungutan suara dan perhitungan pada 9 Desember 2020 nanti, lanjut dia, juga diberikan pemahaman cara mengerjakan alat kerja pengawasan sert teknik dan pemahaman melakukan pengawasan mulai dari perisapan, pelaksanaan hingga pasca pungut hitung.

“Sebelumnya, Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Halmahera Timur telah mengikuti Rapat Koordinasi yang dilakukan oleh Bawaslu Haltim. Maka kita tindak lanjut lakukan kegiatan Rakernis kepada pengawas desa dan pengawas TPS agar fokus pengawasan terhadap distribusi Formulir model C Pemberitahuan-KWK oleh KPPS,” cetusnya seraya menambahkan jumlh pengawas TPS di Kecamatan Wasile Timur sebanyak 27 orang tersebar di 8 desa. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed