oleh

Perkuat Adat Seatorang, MHB-GAS Ingin Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

TERNATE,MSC-Pasangan calon Walikota dan calon wakil Walikota, Muhammad Hasan Bay dan Mohammad Asghar Saleh kembali menegaskan komitmennya untuk melibatkan masyarakat di dalam agenda pembangunan kota Ternate. Mereka menilai jika masyarakat juga mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari pemerintah dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah.

Hasan Bay menuturkan bila esensi dari agenda pembangunan yang hendak dicanangkan Paslon MHB-GAS adalah membangun kota Ternate tanpa meniadakan jati diri daerah dan masyarakat. Ia juga mengaku jika pasangan MHB-GAS sudah mempunyai konsep pembangunan yang bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat.

“MHB-GAS sudah memiliki konsep mengenai bagaimana membangun kota Ternate yang bisa mendidik masyarakat. Karena kota Ternate ini memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga bagi MHB-GAS membangun kota Ternate harus dilakukan tanpa meniadakan jati diri masyarakat di kota Ternate yang secara langsung terikat   dengan Adat Seatorang. Itulah sebabnya partisipasi rakyat sangat penting,” kata Muhammad Hasan Bay, pada Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut, lelaki yang dikenal sebagai pengusaha sukses ini juga menambahkan bilamana partisipasi warga dalam agenda pembangunan hendak ditujukan untuk membangkitkan kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah kota Ternate. Baginya, dengan masyarakat terlibat dalam agenda pembangunan akan tumbuh rasa memiliki terhadap kota Ternate.

“Kami menyadari betul masyarakat memiliki peranan penting membangun kota Ternate. Atas dasar itu kami berkomitmen membuka ruang-ruang partisipasi bagi rakyat supaya terlibat. Kalau masyarakat terlibat, tentunya perasaan memiliki terhadap kota Ternate semakin tinggi. Sebab, tidak ada yang merasa dipinggirkan. Dari situ sebetulnya pemerintah mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat,” terangnya.

Dikatakan, Pemerintah bersama masyarakat dapat membangun dan menjaga kota secara kolektif. Partisipasi dalam sistem demokrasi bukanlah sesuatu yang tabu. Demokrasi justru memberikan kesempatan agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam pengelolaan sistem. Tentu saja dalam partisipasi ada batasan-batasannya. “Esensinya kami ingin berikan yang terbaik bagi masyarakat,” imbuh Hasan Bay.

Hasan Bay juga menambahkan bila partisipasi masyarakat sangat penting dalam memperkuat nilai-nilai adat seatorang. Ia mengatakan, kota Ternate terlampau kental dengan nilai-nilai adat dan budaya. Posisi pemerintah, katanya, harus bisa mengartikulasi keberagaman kepentingan masyarakat dengan nilai-nilai adat budaya.

Menurutnya, agar pemerintah bisa mengartikulasikan dalam sebuah kebijakan maka langkah yang harus ditempuh adalah membuka partisipasi. “Apalagi nilai-nilai adat budaya di kota Ternate ini sangat kental. Adat Seatorang merupakan nilai prinsipil yang harus kita jaga bersama.

Karenanya lanjut Hasan Bay, melibatkan masyarakat dalam konteks ini agar pemerintah bisa mengartikulasi beragam kepentingan dan nilai-nilai adat budaya untuk dirumuskan ke dalam sebuah kebijakan yang baik. “Ini yang kami maksud dengan membangun tanpa meniadakan jati diri,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed