oleh

Pertama Kali Diklatsar KOKAM Digelar di Maluku Utara

TERNATE-Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Maluku Utara, melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Jumat (8/10/2021) di pantai Kastela, Kota Ternate.

Ketua PWPM Maluku Utara Faujan A. Pinang menyampaikan, hari ini Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara mengukir sebuah sejarah baru, karena pelaksanaan Diklatsar ini adalah pertama di provinsi ini.

“Muhammadiyah dan Ortom-ortomnya terutama Pemuda Muhammadiyah sudah puluhan tahun lahir d Maluku Utara, tapi pelaksanaan Diklatsar Kokam baru hari ini dilaksanakan,” ujar Faujan.

Menurut Faujan, tugas dan fungsi KOKAM adalah merawat ukhuwah Islamiyah, menjaga dan merawat NKRI serta menggembirakan kemanusiaan.

“Tugas menggembirakan kemanusian itu jika bangsa atau daerah ini ditimpa bencana, maka KOKAM harus ikut serta dalam menggembirakan kemanusiaan. Artinya KOKAM wajib hukumnya terlibat di dalamnya,” jelas Faujan pada wartawan usai upacara pembukaan.

Faujan mengaku, selama ini peran KOKAM di Maluku Utara belum terlalu aktif karena belum ada personel, maka dengan adanya pelatihan hari ini kedepan KOKAM akan bersama-sama dengan MDMC, yang nantinya satu komando di bawah One Muhammadiyah One Respon (OMOR).

“Tugas yang diemban KOKAM semuanya dalam rangka menjaga marwah, martabat dan kehormatan Muhammadiyah,” ujar Faujan.

Faujan menegaskan, anggota KOKAM harus semakin unggul dan maju di antara yang lain. Semoga Diklatsar ini menjadi awal untuk melakukan rekruitmen kader KOKAM Pemuda Muhammadiyah di Maluku Utara.

Ia menambahkan, peserta Diklatsar ini berjumlah 80 orang dan bekerjasama dengan Yonif Raider Khusus 732/Banau Kompi Senapan D.

Hadir dalam acara pembukaan, mewakili Danrem 152/Babullah, mewakili Kapolda Maluku Utara, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Utara dan undanngan lainnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed