oleh

Sejumlah Jurnalis di Maluku Utara Bentuk Pijar Hukum

TERNATE,MSC-Sejumlah jurnalis liputan Hukum dan Kriminal membentuk Perhimpunan Jurnalis Hukum (Pijar Hukum) Maluku Utara. Pada rapat pembentukan disepakati Hasbi Conoras sebagai ketua umum dan Sandin Abd Rahman sebagai sekertaris umum yang berlangsung di lobi Corner Hotel Ternate, Kamis (06/02/2020).

Dalam keterangan kepada malutsatu.com, Hasbi Conoras mengatakan, terbentuknya Pijar Hukum ini tentu mempunya alasan tersendiri. Pertama banyak wadah dibentuk namun tiba-tiba redup atau tidak eksis lantaran landasan filosofis serta misi ditergetkan tidak tepat sasaran. 

Kedua kata Hasbi Conoras memupuk rasa solidaritas dalam berorganisasi tidak pernah ditanamkan. Akhirnya kekuatan atau solidaritas yang dibangun itu hilang arah bagai anak ayam kehilangan induk.

“Hidup berkelompok itu lebih baik ketimbang hidup sendiri. Nah wadah ini dibentuk untuk mengembalikan semua itu” kata Bices sapaan akrab Hasbi.

Hasbi berjanji akan memimpin wadah ini sebaik mungkin serta akan membangun kekompakan bersama pengurus untuk menerangi hukum kerap timpang dalam koridor hukum yang berlaku.

Menurutnya, bersama pengurus Pijar akan membangun relasi para penegak hukum maupun penggiat hukum sebagai mitra kerja untuk menegakan keadilan.

“Karena ada beberapa program kerja akan dibuat kedepan. kita juga membutuhkan mitra kerja salah satunya dalam rangkah menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ini bakal digelar baksos bersama Ditreskrimum Polda Malut,” jelasnya.

Sementara Sekertaris Pijar Hukum, Sandin Abd Rahman menambahkan, terbentuknya Pijar karena banyak persoalan hukum tidak dikontrol secara baik seperti kasus kekerasan, asusila hingga tindak pidana korupsi.

Oleh karena itu, lanjut Sandin lewat wadah perhimpunan jurnalis dari berbagai media ini sebagai medium memperkuat fungsi kontrol agar dapat membijakinya.

“Adanya wadah ini dengan filosofis menerangi hukum maka mudah-mudahan dapat membantu menyuarakan para pencari keadilan,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed