oleh

Tuntas Penyusunan Draft MoU BAKUGASA ASNetral

TERNATE-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) terus mematangkan program kerjasama “Gerakan Sadar Netralitas ASN” atau BAKUGASA ASNetral dengan pemerintah daerah khususnya Kota Ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep).

Menindaklanjuti hasil audiensi dengan dua walikota lalu, ketiga pihak pun kemudian melakukan rapat guna membahas sekaligus menyepakati draft perjanjian kerjasamanya Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa (25/05/2021) siang di ruang rapat Kantor Bawaslu Malut.

Dalam rapat tersebut, ketiga pihak juga bersepakat akan menentukan waktu pelaksanaan penandatanganan MoU pada awal Juni 2021 nanti yang akan ditandatangani oleh Walikota Ternate dan Tikep bersama Ketua Bawaslu Malut.

Selain itu juga akan dirangkai dengan kegiatan webinar Forum Bakugasa yang melibatkan ASN di dua pemerintah tersebut sekaligus dilaksanakan Deklarasi Netralitas ASN.

Menyambut baik rencana kerjasama tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Ternate, Samin Marsaoly mengapresiasi program BAKUGASA ASNetral sebagai pintu masuk untuk mengedukasi ASN.

“Terutama hal-hal yang berkaitan dengan perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran netralitas ASN dengan hasil akhir dapat menekan angka pelanggaran netralitas ASN,” ujar Samin.

Pemerintahan Kota Ternate sendiri, lanjut Samin, atas arahan Walikota siap membantu mensosialisasikan Forum Bakugasa ini sampai di sekolah mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Forum BAKUGASA ASNetral ini nantinya tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk program formal seperti sosialisasi, namun juga dapat dalam bentuk informal seperti diskusi;” harap Samin seraya menambahkan siap memfasilitasi seluruh kegiatan tersebut. “Tujuannya adalah untuk mencegah adanya pelanggaran netralitas ASN sehingga harus digemakan secara massif,” ucapnya.

Sementara, Pemerintah Kota Tidore juga mengapresiasi program BAKUGASA ASNetral ini. Mewakili Walikota Kota Tikep, Zulkifli Ohorella selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan, menyambut baik dan siap mendukung. “Kami juga telah membentuk tim Efektif Eksternal di lingkup Kota Tidore yang diketuai Sekda,” jelas Zulkifli. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed