oleh

Wagub Malut : Potensi Perikanan Budidaya Maluku Utara 3000 Triliun Per Tahun

JAILOLO-Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali membuka kegiatan rapat kerja teknis dan seminar perikanan budidaya Maluku Utara, tahun 2021 di Kabupaten Halmahera Barat, Rabu(24/11/2021).

Rakernis dan Seminar Perikanan Budidaya yang dilaksanakan di aula Bidadari kantor Bupati Halmahera Barat itu juga dihadiri Direktur Pembenihan Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Bupati Halmahera Barat, Walikota Ternate, Bupati Halmahera Tengah, Wakil Bupati Kepulauan Sula, Rektor Unkhair, Rektor UMMU, Rektor Unpas Morotai serta Forkompinda Kabupaten Halmahera Barat.

Wagub dalam sambutannya mengatakan, perikanan adalah salah satu sektor yang menjadi primadona dan sangat diandalkan, oleh karena sektor perikanan merupakan pilar pembangunan daerah jangka panjang.

Di Maluku Utara ada terdapat tiga jenis sektor perikanan yakni, perikanan tabka, perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Khusus untuk bidang perikanan budidaya, Maluku Utara memiliki beberapa komoditi unggulan yang masih terus dikembangkan, sebab selain mampu menggerakkan sektor ekonomi, sektor ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi perikanan budidaya di Maluku Utara itu 16 kali lipat lebih besar daripada perikanan tangkap, hanya saja belum dioptimalkan. Data BPS menyebutkan potensi perikanan budidaya Maluku Utara kurang lebih 3000 triliun per tahun jika dimanfaatkan”,ucap Yasin.

Yasin bilang, saat ini sektor perikanan budidaya baru memberikan sumbangsih 40% bagi perekonomian nasional, namun meski demikian prospeknya sangat potensial dimasa depan. Oleh sebab itu pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan perikanan budidaya ini melalui pengembangan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta manajemen dan penguasaan teknologi bagi para pelaku perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

Selain itu kata Yasin, pemerintah daerah juga telah melakukan pengembangan kawasan-kawasan strategis diseluruh kabupaten dan kota yang dapat dijadikan sebagai kawasan sentral produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Diakhir sambutan Yasin mengatakan, rakernis dan seminar perikanan budidaya diharapkan dapat melahirkan program-program yang konstruktif dan sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan perikanan budidaya Maluku Utara yang lebih maju.

“Saya berharap para pelaku di sektor perikanan agar dapat terus berkreasi, bekerja keras dan bekerja cerdas dalam memajukan sektor perikanan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku Utara”, pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed