oleh

Walikota Ternate Ingatkan Semangat Kepahlawanan Sultan Baabullah

TERNATE,MSC-Ternate di masa lalu menjadi kekuatan magnet daya tarik dunia dikarenakan Ternate menjadi titik sentral pusat perebutan rempah dunia. Pengaruh strategis Ternate itulah yang membuat imperialisme kekuasaan barat menguasai Ternate dan akhirnya terjadi perlawanan atas kesewenangan penguasaan wilayah.

“Imperialisme ini mendorong muncul sang pahlawan Sultan Baabullah dengan semangat kepahlawanannya mengusir penjajah keluar dari tanah Moloku Kieraha,”ungkap Walikota Ternate DR H Burhan Abdurahman dalam amanat pada upacara peringatan Hari Jadi Ternate (HJT) ke-770, Selasa (29/12/2020).

Momentum peringatan Hari Jadi Ternate ke 770, Walikota memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap Pemerintah Pusat atas pemberian gelar Sultan Babullah sebagai Pahlawan Nasional.

Dimana lanjutnya, keabsahaan dari penobatan Sultan Datu Syah dari Ternate, Maluku Utara, ditandai dengan lahirnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117/TK/Tahun 2020, tertanggal 6 November 2020 di Jakarta,” jelasnya.

“Bermula dari sinilah, sangat tepat tema sentral Hari Jadi Ternate 2020 yaitu ‘Dengan Spirit Kepahlawanan Sultan Babullah Kita Wujudkan Ternate Maju, Berbudaya dan Berdaya Saing’,” sebut Burhan Abdurahman.

Oleh karena itu menurut Walikota Burhan Abdurahman, tantangan kita saat ini dan ke depan adalah bagaimana memaknai tema sentral tersebut dalam situasi kekinian. Dengan memanfaatkan semangat kepahlawanan dan sejarah, peradaban masa lalu untuk menggapai masa depan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu Walikota mengingatkan, dua agenda besar yakni, Global 500 tahun Magellan Expedition dan Sail Tidore tetap dilaksanakan, menjadi penting posisi kota Ternate agar dapat dimanfaatkan karena akan berdampak positif bagi Kota Ternate terutama pada sektor jasa dan perdagangan.

“Selain Ternate relatif memiliki infrastruktur yang memadai, juga kedekatan geografis Ternate dan Tidore memiliki napak tilas sejarah yang hampir sama,”sebutnya.

Upacara peringatan HJT ke 770 dipusatkan di halaman Kantor Walikota dan dihadiri Wakil Walikota Ternate Abdullah Tahir, unsur Forkopimda, pimpinan OPD, camat, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan BUMN dan BUMD serta pimpinan organisasi kemasyarakatan. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed