oleh

Giliran MHB Blusukan ke Pasar Gamalama

TERNATE,MSC-Calon Wali Kota Ternate nomor urut 3, Muhammad Hasan Bay (MHB), Kamis siang bertandang ke Pasar Gamalama, Ternate Tengah. Didampingi oleh sejumlah tim pemenangan, sosok yang biasa disapa Ko Ama itu melakukan blusukan.

MHB mulai berjalan kaki dari kawasan pasar di belakang Jatiland Mall. Dari sana ia menyapa satu persatu penjual.

Tak lupa pula ia membeli pelbagai produk pangan lokal yang dijajakan. Dari mulai singkong, sagu, ikan fufu, hingga pisang. Selain itu, MHB juga berkunjung ke pasar pakaian yan berada di lantai 2 Pasar Barito.

Muhammad Hasan Bay mengatakan, blusukan tersebut adalah cara baginya untuk mendengar langsung keluhan pedagang. Penjual pisang, misalnya, mengeluhkan lokasi berjualan yang dinilai tak menguntungkan, sebab berada di bagian belakang pasar. Alhasil, kondisi tersebut berdampak kepada minimnya transaksi pembelian, karena para pembeli lebih memilih membeli pisang yang dijual di emperan jalan.

“Ada banyak masukan dari para pedagang. Khususnya tentang pengelolaan pasar. Perlu adanya tata kelola yang baik, sehingga bisa berdampak positif pada para pedagang. Dengan begitu, perputaran ekonomi bisa lebih baik,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam sepuluh program yang ditawarkan, ada yang khusus menyasar pada ketahanan pangan lokal di Kota Ternate. Sebab selama ini, kebutuhan pangan di Ternate masih bergantung pada wilayah lain.

Nantinya, kata dia, akan diselenggarakan bursa hasil produk pertanian lokal sebagai bentuk identifikasi kualitas dan peningkatan daya saing produk lokal.

“Akan ada juga akses permodalan bagi petani dan menyediakan program perlindungan tenaga kerja di bidang pertanian,” katanya.

Untuk kebutuhan di pasar, ia mengaku selain melakukan tata kelola yang baik, juga menyediakan armada bus khusus petani dan pedagang yang akan berjualan di pasar.

Bus ini, kata dia, dapat dioperasikan dua jalur, yaitu di bagian Utara dan Selatan. “Tarifnya dapat disubsidi oleh pemerintah, sehingga terjangkau bagi pedagang,” tandasnya. (adv)

Bagikan

Komentar