oleh

IWIP Tingkatkan Keterampilan Karyawan Melalui Pelatihan SIO

WEDA-Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) memberikan kesempatan kepada karyawan guna mengikuti pelatihan untuk memperoleh Surat Izin Operator (SIO). Pelatihan yang diperuntukkan bagi operator alat berat seperti Dump Truck, Loader, Excavator, maupun Forklift ini sudah dimulai sejak 2022.

Saat ini total karyawan yang telah mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 560 orang yang terbagi dalam lima angkatan. Pada 31 Mei 2023 lalu, sebanyak 120 karyawan yang tergabung dalam angkatan kelima dinyatakan lulus.

General Manager HR IWIP, Rosalina Sangaji mengatakan, pelatihan SIO ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan karyawan sekaligus juga mencegah, mengurangi, bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja.

“Program ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengoperasikan alat berat dengan aman dan efisien,” ucapnya.

Dalam pelatihan yang dilakukan selama empat hari tersebut, para peserta mengikuti tiga tahap penting, yakni pemberian materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ujian praktik lapangan, dan ujian teori.

Tak hanya meningkatkan keterampilan karyawan, pelatihan ini juga memiliki standar dan akreditasi nasional. Tentu, kata Rosalina, ini merupakan kualifikasi yang berharga bagi karir karyawan di masa depan.

“Kami senang angkatan kelima ini menambah daftar panjang karyawan IWIP yang telah tersertifikasi. Insya Allah pelatihan ini akan dilakukan rutin setiap bulan,” kata Rosalina.

Adapun instruktur dalam pelatihan ini berasal dari berbagai pihak, seperti Tenaga Ahli K3, Disnaker Sulawesi Selatan, dan Disnaker Maluku Utara.

Salah satu peserta pelatihan, Fikram S Ohorella menilai kegiatan seperti ini sangat penting. Menurutnya pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat berarti dalam pengembangan keterampilan dan meningkatkan pemahaman mereka tentang keselamatan kerja.

“Terima kasih kepada IWIP karena sudah melaksanakan pelatihan SIO. Bagi kami, pelatihan ini sangat penting untuk meningkat kemampuan pengoperasian kami, apalagi ada juga materi tentang K3 sehingga kami bisa memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana melakukan pekerjaan dengan aman,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar