oleh

Sahril Abdul Radjak Buka Expo 2.0 Zona Aquascape Ternate

TERNATE-Zona Aquascape Ternate Community (ZAT) Kota Ternate untuk kedua kalinya menggelar EXPO Aquascape atau seni mendekorasi akuarium. Exco dengan tema Aquascape Sebagai Peluang UMKM di Era Millineal Enterpreneurship.

Expo selama tiga hari itu , berlangsung di Garasi Morasa Café Ternate, pada Sabtu 10 Juni 2023 malam dibuka Drs. Sahril Abdul Radjak selaku Pembina Zona Aquascape Ternate Community (ZAT) Kota Ternate.

Dalam sambutannya, Sahril Abdul Radjak menyatakan, aquascape atau seni menghias akuarium dengan tanaman maupun hewan seperti ikan hias sudah lama dikenal masyarakat yang berawal dari hobi.

Akan tetapi pada saat dunia termasuk Indonesia dilanda pandemic Covid-19 dimana ruang gerak masyarakat terbatas, salah satu hiburan di rumah yang popular adalah aquascape.

Seiring dengan itu permintaan terhadap atau kebutuhan untuk aquarium semakin tinggi, dan sebagian masyarakat dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadikan sebuah peluang bisnis.

“Jadi aquascape tak hanya hobi semata, akan tetapi terdapat peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang jeli melihatnya,”ungkap Sahril Abdul Radjak.

Untuk itu, Sahril mengajak komunitas Aquascape harus dibentuk di kabupaten dan kota lain di Maluku Utara, tak hanya sebatas di kota Ternate. Sehingga kata dia, kegiatan Expo dapat dilakukan di luar kota Ternate dan akan membuka luas peluang bisnis bagi pelaku usaha dan UMKM.

Diakuinya, saat ini masih belum besar dan bahkan belum sepenuhnya perhatian Pemerintah daerah terhadap dunia Aquascape yang menjadikan sebuah bisnis atau lapangan usaha baru di kalangan masyarakat dan UMKM.

Sementara itu Ketua Zona Aquascape Ternate Community (ZAT) Kota Ternate, Irwanto Djurumudi SH mengungkapkan, aquascape adalah seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar.

Aquascape sendiri kata Irwanto Djurumudi juga dapat disebut sebagai ilmu penataan akuarium yang dapat mendatangkan nilai tambah serta kepuasan batin yang tinggi. Dan keberadaan Aquascape di Kota Ternate telah dijadikan peluang bisnis bagi beberapa pelaku usaha yang awalnya hanya sebuah hobi.

“Tak hanya sekadar menjadi hobi dan peluang bisnis, aquascape dapat membawa manfaat yang positif bagi kesehatan terutama bagi kita yang seharian bekerja di kantor,”ungkapnya. (red)

Bagikan

Komentar