oleh

WNA Asal Banglades Masuk DPT di Kabupaten Halmahera Timur

MABA,MALUTSATU- Satu orang warga negara asing (WNA) di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara masuk daftar sebagai pemilih di Pemilu 2024.

Temuan tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Halmahera Timur, Suratman Kadir seteah melakukan penelusuran adanya surat Pemberitahuan Polres Haltim, tentang warga negara asing (WNA) Faruk Husen masuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT) TPS 3 Desa Bumi Restu Kecamatan Wasile Haltim.

Ketua Bawaslu Haltim, Surataman Kadir menjelaskan, hasil penelusuran Bawaslu setelah menerima surat pemberitahuan Kepolisian WNA tersebut benar belum berpindah sebagai warga negara indonesia (WNI).

“Setelah mendapat surat dari kepolisian, kami langsung melakukan penelurusan terhadap yang bersangkutan, serta mantan Kepela Desa setempat,”ungkap Suratman Kadir

Suratman mengatakan, meskipun berstatus sebagai WNA, akan tetapi Faruk Husen telah memiliki KTP, dan telah ditarik Pemerintah Desa setempat.

Suratman Kadir bersama anggota Bawaslu Haltim, Alherfan Barmawi, serta Panwaslu Kecamatan Wasile Haltim saat melakukan penelusuran sempat juga menemui, Katimin mantan kepada desa (Kades) Bumi Restu.

Sementara itu sesuai pengakuan Katimin Mantan Kepala Desa (Kades) Bumi Restu selama dirinya menjabat kepala desa, tidak pernah berurusan adanya perpindahakn kewarganegaraan, bahkan data Faruk Husen sudah masuk di Dukcapil Haltim.

“Yang besangkutan (Katiman) katanya sudah berulangkali menegur pihak Capil, karena Faruk Husen masuk di Capil,”jelasnya

Sehingga itu Bawaslu Haltim kata Suratman,  dari haisil penelusuran akan merekemondasikan ke KPU Haltim, untuk mengkrosek kembali nama WNA tersebut dan menghapuskan dari DPT.

Serta lanjut Suratman KPU juga memastikan kembali from penerimaan hak pilih tidak diditribusikan dan surat suaranya tidak disalah gunakan pada hari pencoblosan nanti.

“Yang jelas setalah penelusuran ini kami akan merekomendasikan ke KPU untuk menghapus WNA dari daftar DPT,”pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar