oleh

Sebanyak 4 Kali KM Dorolonda ke Ternate Pasien Covid-19 Bertambah

TERNATE,MSC-Sebanyak empat kali KM Dorolonda masuk di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, terdapat tambahan pasien Covid-19 di Maluku Utara. Beberapa pasien caovid-19 di Maluku Utara dengan riwayat perjalan menggunakan KM Dorolonda.

Pada tanggal 5 Maret 2020 KM Dorolonda tiba di Ternate setelah melakukan perjalanan dari Tanjung Priuk Jakarta. Ikut dalam Kapal ini adalah Pasien 01 Maluku Utara yang kembali dari Bandung via Jakarta. Dan pada tanggal 23 Maret 2020 hasil Laboratorium Jakarta mengkonfirmasi yang bersangkutan positif corona.

Sementara pada tanggal 02 April 2020, masuk di pelabuhan Ahmad Yani Ternate ada banyak penumpang yang setelah di tracking dan di Rapid Test hasil Reaktif lalu di rujuk ke RSUD Chasan Boesoerie untuk PCR atau Swab Test. Hasilnya pada tanggal 15 April 2020 terkonfirmasi pasien pasitif 03 dan 04 asal Tidore dengan riwayat perjalanan dari Bandung Jawa Barat menggunakan KM Dorolonda.

Selanjutnya tanggal 30 April 2020, 4 santri asal Morotai juga terkonfrimasi positif, mereka memiliki riwayat perjalanan dari Tasikmalaya ke Jakarta (nginap di mesjid Kebon Jeruk) sebelum naik KM Dorolonda.

Ada juga 2 warga Ternate yang terkonfirmasi positif Covid19 dengan riwayat perjalanan dari Bandung ke Ternate menggunakan KM Dorolonda, dengan demikian ada 8 orang pada pelayaran tanggal 2 April 2020.

Sedangkan tanggal 16 April 2020, ada ratusan penumpang yang datang ke Ternate, diman terdapat 167 orang di Rapid Test pada hari itu. Hasilnya ada 19 ABK dan 2 warga yang reaktif dan diisolasi untuk PCR.

Dan pada tanggal 26 April 2020, hasil pemeriksaan PCR mengkonfirmasi 1 warga Ternate asal Morotai yang ikut dalam pelayaran Dorolonda positif Covid19.  Pada tanggal 30 April 2020, 8 ABK dinyatakan Positif Corona.

Sementara itu, di hari yang sama ada salah satu warga ber KTP Ternate meninggal di RSUD Labuha dan dimakamkan dengan protokol Covid19. Almarhum telah di Rapid Test di Puskesmas Kayoa dan hasilnya reaktif. Mengalami sesak nafas lalu di rujuk ke Labuha namun tidak tertolong, almarhum tercatat sebagai penumpang KM Dorolonda dari Ambon. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed