oleh

Satu Pasien Rujukan RSUD Weda Langsung Dirawat di RSUD CB

TERNATE,MSC-Satu pasien rujukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Weda Kabupaten Halmahera Tengah, berinisial MB jenis kelamin laki-laki usia 50 tahun asal Weda, sekitar pukul 11.30 WIT tiba di pelabuhan Residen Ternate.

Dijemput petugas karatina wilayah serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maluku Utara dengan menggunakan ambulance milik Dokes Polda Malut, terlihat pria paruh baya tak mampu berjalan.

Idham pejabat Karantina Wilayah Maluku Utara ditemui menjelaskan, MB adalah pasien rujukan RSUD Weda. “MB umur 50 tahun asal Weda merupakan pasien rujukan dari Weda, dengan gejala mengarah ke Covid-19,”katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan dari dokter di RSUD Weda saat melakukan koordinasi untuk rujukan pasien ke Ternate MB sakit setelah diperiksa mengarah ke Covid-19, sehingga dokter meminta untuk dirujuk ke RSUD Chasan Bosoirie Ternate.

Menurutnya, pihak RSUD Weda belum mampu menangani pasien yang mengarah ke Covid-19, sehingga harus dirujuk ke Ternate. “Kalau Halteng dan Haltim sudah ada kesepakatan tetap rujuk ke Ternate,”katanya.

Melihat kondisi MB mengarah ke corona virus, pihak RSUD langsung melakukan Rapid test dan hasilnya reaktif. “Untuk sementara pasien langsung dilarikan ke RSUD Chasan Bosoirie untuk dilakukan perawatan dan diagnose,”katanya.

Sementara itu data Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, per tanggal 9 Mei dimana pemeriksaan rapid test telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 2.810 orang.

Dan didapatkan hasil 151 orang reaktif. Dari 151 orang yang hasil rapid test reaktif terdiri dari, 67 OTG, 39 ODP, 6 PDP serta 39 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 2. 525 orang dengan hasil rapid test non reaktif. (red)

Bagikan

Komentar