oleh

Lulusan S1 Arsitek Raup Omzet Jutaan Rupiah Lewat Usaha Barbershop

SANANA-Untuk mencapai kesuksesan jalan yang dilalui seseorang tentu. Itu tak mudah seperti membalik telapak tangan. Namun dengan keterampilan dan tekad yang kuat adalah kunci kesuksesan seorang.

Hal ini, kemudian terpikirkan oleh Pemuda asal Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepuluan Sula. Tri Rizkal Warang dengan memliki keterampilan serta tekadnya yang kuat. Ia mampu menggeluti usaha Berbashop dengan omset per bulan senilai Rp.8. 000.000.

Anak muda lulusan S1 jurusan Arsitek Program Study Perencanaan Wilayah dan Tata Kota, tahun 2015 Universitas Sam Ratulangi Manado ini mengaku, usaha Berbashop adalah menjadi pilihan utamanya. Sebab usaha tersebut merupakan kebutuhan  orang banyak.

“Sejak duduk di Bangku kuliah, memang saya sudah berkeinginan untuk membuka usaha Berbashop. Kerena usaha itu menjadi kebutuhan orang banyak,”kata Rizkal pada malutsatu.com pada Jumat (8/4/2022).

Bahkan Tri Rizkal juga menceritakan semenjak dirinya membuka usaha Berbashop, tentunya pengalaman dan keterampilan memangkas rambut sudah tertanam sejak kuliah dan tidak diragukan lagi.

“Pengalamannya itu disaat kuliah sering pangkas rambut teman kuliah dan teman kos- kosan, hasil pangkas saya. Menurut teman- teman rapi dan bagus sehingga merekapun menyarankan untuk buka usaha Barbershop,”ujarnya.

Seperti usaha lainnya, untuk mencapai sukses tak muda. Try Rizkal mengaku pernah diusir karena tidak mampu membayar sewa tempat usaha Barbershop pertama kali membuka di kota Sanana.

Sempat tutup usaha yang menjadi keinginannya sejak kuliah, karena tidak memiliki modal untuk sewa tempat. Namun berkat tekad dan semangat yang kuat terus mengembangkan usahanya hingga saat ini membuahkan hasil dimana telah memiliki bangunan usaha Berbashop sendiri dengan nama TRW Berbashop.

“Waktu buka usaha pertama. Saya pernah diusir karena tidak membayar sewa tempat. Tetapi sekarang Alhamdulillah saya bisa bangun sendiri Berbashop dengan 2 orang karyawan dan pendapatan sebulan Rp.8000.000,”ungkapnya.

Bahkan Rizkal bilang kesuksesan seorang jika sudah mempunyai usaha sendiri. Sehingga usaha tersebut membuka peluang lapangan kerja bagi orang lain. Tentunya akan mengurangi tingkat peganguran di Kabupaten Sula.¬†“Bagi saya sukses itu ketika, kita mempunyai usaha sendiri. Agar bisa memperkerjakan orang lain,”tutupnya. (mit)

Bagikan

Komentar