oleh

Gunakan Pendapatan Desa, Warga Bajo Bangun Jalan

SANANA-Pemerintah Desa Bajo Kecamatan Sanana Utara Kabupaten Kepulauan Sula, memanfaatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan membangun infrastruktur jalan beton permanen sepanjang 15 meter. Anggaran PAD Bajo tersebut bersumber dari sektor pengusaha ikan dan Bodi Fiber Nelayan Desa Bajo.

Kepala Desa Bajo Kusnang Duhaling kepada wartawan Sabtu (2/7/2022) mengatakan, pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan berlokasi di RT 01 dan 2 di Desa Bajo dikerjakan secara swadaya oleh warga. Dengan Anggarannya melalui patungan warga kemudian melalui PAD Bajo yang telah ditetapkan dalam peraturan Desa.

“Jembatan yang ditimbun dijadikan jalan beton permanen ini, dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Namun, awalnya kita gunakan anggaran dari fee pengusaha Nelayan ikan dan setoran Bodi Fiber Desa serta ada juga sumbangan dari masyarakat,”kata Kusnang.

Kusnang juga menjelaskan terkait PAD Bajo digunakan untuk pembanguan jalan beton tersebut, karena APBDes Bajo di tahun 2022 sebagain besar di atur oleh Pemerintah pusat. Misalnya Bantuan Langsung Tunai 40 persen, ketahanan pangan 8 persen Covid stunting 5 persen.

Sehingga, kata Kusnang sisah anggaran untuk pembangunan fisik senilai Rp. 200 juta lebih, dan itu telah digunakan untuk pembangunan infrastruktur Swering sepanjang 25 meter. “Saya mengambil langkah ini karena saya berpikir tahun 2022 APBDes diatur oleh pemerintah pusat,”jelasnya. (mit)

Bagikan

Komentar