oleh

Pudja Sutamat Minta Kesiapan Jajarannya Hadapi Verfak Parpol

TERNATE-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, Pudja Sutamat menegaskan, berbagai persoalan bisa timbul pada saat Verifikasi Faktual (Verfak) Partai Politik calon peserta Pemilu 2024.

“Potensi sengketa sangat terbuka terkait pekerjaan KPU di lapangan nanti,”ungkap Pudja Sutamat saat membuka kegiatan Bimtek pelaksanaan Verfak Parpol calon peserta Pemilu 2024 bersama KPU Kabupaten Kota Se-Maluku Utara, di lantai III Muara Hotel Ternate, Rabu (12/10/2022).

Menghadapi Verfak, Pudja berharap kesiapan tenaga dan kemampuan dari KPU Kabupaten Kota dalam melaksanakan tahapan yang kruisal ini. “Teman-teman KPU agar selalu cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas verfak,”katanya.

Hal ini dilakukan untuk memanilisir persoalan yang akan muncul. Kata Pudja selain menegakan norma dan aturan dibutuhkan kesiapan dan kecermatan jajaran KPU saat melaksanakan Verfak.

“Jangan sampai dalam menentukan memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat masih menjadi perdebadan, dan itu harus dihindari setelah pulang dari bimtek, karena bimtek ini sudah bicara hal-hal tekhnis,”katanya.

Pudja juga mengingatkan optimalisasi dalam anggaran pada setiap tahapan, karena persoalan keterbatasan anggaran saat ini juga dihadapi KPU hampir semua daerah. Untuk itu, kata Pudja pola kerja dan anggaran harus dirancang dari sekarang sebelum turun ke lapangan.

Salah satu langkah cepat yang nantinya diambil bila terjadi persoalan di lapangan, KPU Provinsi kata Pudja Sutamat, akan melakukan monitoring ke kabupaten kota bahkan sampai ke desa, sehingga ada persoalan di lapangan dapat langsung dieksekusi.

Kendati begitu, Pudja sangat percaya kemampuan divisi tekhnis dan divisi hukum KPU kabupaten dan kota punya pengalaman melakukan verfak dan telah melalui sejumlah pembekalan.

“Di lapangan membutuhkan energy full tidak setengah-setengah. Kondisi kesehatan harus menjadi perhatian sehingga tahapan fervak dapat dilakukan dengan baik. Karena rencananya akan turun full tenaga di kabupaten kota. Kita mengoptimalkan tenaga yang kita miliki,”pintahnya. (red)

Bagikan

Komentar