oleh

Senator Lahabato Hantarkan PKB Saingi Demokrat dan PKS

TERNATE,MSC-Kehadiran senator Abdurachman Lahabato dalam pemilu 2019 untuk calon anggota DPR RI, mampi mengantar PKB bersaing ketat dengan Partai NasDem dan PKS d Maluku Utara.

Berdasarkan pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara DPR RI KPU Malut Calon Anggota DPR RI menunjukan, Abdurahman Lahabato sukses bawa PKB saingi partai yang perna punya Anggota DPR RI seperti Partai Demokrat dan PKS.

PKB pada pemilu lalu berada di posisi ke 10 dari 12 partai politik yang bertarung pada pemilu 2014 dengan jumlah suara 15.849  atau 2,93 persen, sementara pemilu 2019, PKB raih suara signifika dan berada pada posis ke empat di bawa partai punya DPR RI petahana, PDIP, Golkar dan Nasdem.

Senator aktif itu mengakui kekuatan 3 partai tersebut karena memiliki caleg masing-masing 3 yang memproduksi suara cukup dan diakumulasi menjadi puluhan ribu bahkan ratusan ribu. Lain halnya dgn PKB yg hanya dua orang caleg bersama Noly Misi, karena Herman Sikumbang berhalangan tetap, meninggal dunia.

Walaupun begitu, Lahabato bersama degan sahabat caleg nomor 3 Noly Misi tetap akan koreksi suara partai Nasdem pada pleno KPU RI di Jakarta yang akan dilakukan dalam pecan ini juga.

“Langkah ini dilakukan, selain karena kami memiliki data sanding untuk mengoreksi perolehan suara Partai Nasdem, juga kewenangan yang diberikan UU, pleno penetapan DPR RI adalah pleno KPU RI”, jelan Hi Man Lahabato

Data DCI 1 hasil pleno PKB peroleh suara 57 ribu lebih. Sedangkan pemilu 2014 lalu, untuk DPR RI, PKB hanya peroleh suara 15.849.

“Selain koreksi suara Nasdem di KPU RI, juga siapkan rencana ajukan gugatan ke MK untuk PSU di beberapa kecamatan”, tegas Lahabato. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed