oleh

Warga Gane Luar dan Kepulauan Joronga Belum Dapat Bantuan

LABUHA,MSC-Memasuki hari kedua gempa di kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), masih terdapat warga yang mengungsi belum menerima bantuan.

Keterlambatan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dalam menyalurkan bantuan mengakibatkan daerah Gane luar dan Kepulauan Joronga belum tersentuh bantuan sama sekali pasca Gempa 7.2 M Minggu (14/7) lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel Jalil Efendi membenarkan, hingga saat ini, Selasa (16/7) siang belum ada bantuan Pemda yang masuk ke daerah-daerah korban gempa di Gane luar dan Kepulauan Joronga.

Dia mengatakan, bantuan Pemda yang disalurkan tim penanggulangan Bencana pada Senin kemarin masih lokasi di Kecmaatan Gane Barat dan Kecamatan Gane Barat selatan dan wilayah yang bisa dijangkau.

“Iya, tapi tadi pagi dorang sudah keluar dengan  bantuan dengan kapal Uki Raya menuju ke Desa papaceda langsung ke Gane dalam,” tutur Jalil via telepon genggam.

Kendati begitu Jalil mengakui belum tahu apakah bantuan tersebut bisa sampai ke daerah Gane luar. Sebab sampai saat ini belum bisa menghubungi tim yang membawa bantuan dengan KM. Uki Raya.

“Saat ini petugas yang membawa bantuan belum dapat dikontak, sementara Bupati dan rombongan juga membawa bantuan padi tadi”, katanya.

Salah satu sumber dari orang yang berada di kediaman bupati yang dihubungi Wartawan media ini, membenarkan Bupati sudah berangkat bersama tim penanganan Bencana menggunakan Kapal KM. Uki Raya, Pukul 07.00. Pagi tadi.

Wakil Ketua DPRD Halsel Asnawi Lagalante meminta agar Bupati harus menyebarkan tim di semua titik wilayah korban gempa agar dalam waktu satu hari bisa disalurkan ke semua titik.

“Respon Pemda sudah bagus, tapi baiknya tim yang ada langsung disebarkan pada titik-titik rawan gempa agar bisa dijangkau semuanya,” kataAsnawi.

Ia mengatakan, hari ini, dirinya bersama beberapa anggota DPRD Halsel akan turun membawa bantuan pada titik yang belum terjangkau.

“Rencananya hari ini saya dengan beberapa anggota DPRD akan turun ke Gane Dalam sisir ke selatan dan langsung ke pulau joronga,” Tutupnya. (lee)

Bagikan

Komentar