oleh

Bawaslu Kota Ternate Periksa Delapan Orang Panwascam

TERNATE,MSC-Delapan orang ketua dan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) diperiksa Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, terakit dukungan dukungan kepada salah satu bakal calon perseorangan (independen) Wali Kota Ternate.

Delapan nama penyelenggara di jajaran Pengawas Pemilu diantaranya, Panwascam Moti, Ruslan Thalib (Ketua), Darwis Ilyas (anggota), Isran H.Siraju (anggota). Panwascam Ternate Utara, Putri Nurdiana Jailani (ketua), Isra H. Siraju (anggota). Ketua Panwascam Pulau Ternate, Farman Noh serta Ketua Panwascam Ternate Tengah, Mustakim Jamal serta anggota Panwascam Pulau Hiri, Jumhar Malik.

“Ini merupakan temuan Bawaslu Kota Ternate saat melakukan pengawasan terakit dengan dukungan salah satu bacalon waikota jalur independen. Dan nama delapan jajaran kami masuk dalam daftar dukungan,” ungkap Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Ternate, Sulfi Majid SH usai melakukan klarifikasi di kantor Bawaslu, Kamis (5/3/2020).

Dia mengatakan, untuk hasil klarifikasi belum dapat dipulikasikan karena masih dalam proses penanganan. Termasuk katanya, belum dapat menyimpulkan apakah betul Panwascam memberikan dukungan. “Saat ini belum bisa disimpulkan karena masih proses,” katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan juga menyampaikan, hasil dari proses ini akan dilanjutkan dengan keputusan yang dilakukan melalui pleno dan diumumkan ke public melalui media massa.

“Jadi dalam tata cara penanganan kasus, kita belum dapat mempublis karena proses klarifikasi masih berjalan dan pihak-pihak lain juga maih akan diperiksa,” kata Kifli Sahlan.

Kifli mengatakan, sementara pihak lain yang akan diperiksa atau dilakukan klarifikasi adalah calon walikota jalur independen sebagai saksi. “Sesuai jadwal, Jumat (6/3/2020) akan dilakukan klarifikasi saksi yakni bakal calon walikota independen,” katanya.

Seperri diketahui sebelumnya, Bawaslu kota Ternate menemukan delapan nama ketua dan anggota Panwascam yang ikut memberikan dukungan kepad calon independen atau perseoranga. Sementara barang bukti temuan diantaranya, foto copy KTP dan formulir dukungan.

Sementara itu, Ketua Panwascam Ternate Utara, Putri Nurdiana Jailani ketika dikonfirmasi menuturkan, tidak pernah memberikan dukungan sebagaimana yang disebutkan. Kendati begitu Puteri mengakui, foto copy KTP benar miliknya.

“Memang benar KTP milik saya, tetapi dari mana mereka dapat saya tidak tau. Tetapi saya tidak pernah dihubungi atau memberikan dukungan kepada salah satu calon independen,” katanya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed